Daop 9 Bagikan Kacamata untuk Siswa SD Probolinggo

Zulkiflie

Selasa, 30 April 2019 - 13:36

JATIMNET.COM, Probolinggo – PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi (KAI Daop) 9 Jember membagikan 50 kacamata gratis kepada siswa sekolah dasar (SD) yang berada di Kecamatan Leces, Kabupaten Probolinggo.

“Pembagian kacamata gratis ini berbarengan dengan pengerahan Kereta Rail Clinic generasi keempat yang memiliki fasilitas medis lebih lengkap dibandingkan dengan generasi sebelumnya,” kata Manager Humas PT KAI DAOP 9 Jember, Luqman Arif, Selasa 30 April 2019.

Selain itu, Rail Clinic ini memiliki Rail Library atau kereta dengan fasilitas perpustakaan, yang menyediakan berbagai buku bacaan. Serta juga ruang pemeriksaan gigi, mata, ruang ibu dan anak, fasilitas laboratorium berbasis komputer yang berfungsi untuk mengetahui sample darah.

BACA JUGA: Jalur Rel Terdampak Banjir di Pasuruan Sudah Bisa Dilewati

Dalam penyediaan Rail Clinic ini, PT KAI Daop melengkapinya dengan tim medis, mulai dokter, asisten dokter, petugas laboratorium, asisten apoteker serta perawat. Dengan fasilitas itu, laboraturium bisa membantu mendiagnosis berbagai macam penyakit.

“Kami juga memberikan penyuluhan tentang keselamatan perjalanan kereta api kepada siswa dan masyarakat sekitar,” kata penggemar Liverpool FC itu

Pria asal Sidoarjo itu menambahkan bahwa program ini rutin dilakukan setiap tahun dilaksanakan PT KAI. Kegiatannya berupa pemeriksaan dan pengobatan gratis bagi masyarakat.

BACA JUGA: Rel yang Terdampak Banjir di Pasuruan Perlu Perbaikan

Program pemeriksaan dan pengobatan gratis baru pertama kalinya digelar di Probolinggo. Harapannya agar masyarakat sekitar semakin peduli dengan keselamatan perjalanan kereta api, utamanya pada arus mudik lebaran mendatang.

“Ini bagian langkah preventif kami dengan memberi pemahaman ke masyarakat, yakni, bersama-sama menjaga aset PT KAI guna menjamin keamanan perjalanan kereta,” jelas Luqman.

“Untuk siswa sekolah, PT KAI juga memberikan bantuan alat olahraga dan perlengkapan sekolah kepada masyarakat serta sekolah,”Tandas Lukman Arif.

Sementara itu, salah seorang siswa, Andini mengaku senang dengan pembagian kacamata gratis. Dia mengaku semakin termotifasi untuk belajar setelah mendapatkan kacamata baru.

Baca Juga

loading...