Cemara Udang, Tanaman Pemecah Ombak yang Bernilai Tinggi

Nani Mashita
Nani Mashita

Selasa, 29 Januari 2019 - 16:55

JATIMNET.COM, Surabaya - Pohon cemara biasanya tumbuh di dataran tinggi. Namun cemara udang malah tumbuh rimbun di tepi pantai. Di Jatim, ada satu pantai yang identik dengan cemara udang. Yaitu Pantai Lombang, yang berada di 30 kilometer sebelah timur Kota Sumenep.

Selain menikmati birunya laut,  jajaran cemara udang yang punya nama latin Casuarina equisetidolia membuat suasana teduh Pantai Lombang.

Konon kabarnya keberadaan pohon cemara udang di kawasan Pantai Lombang dibawa oleh para pedagang dari Tiongkok yang merapat ke Sumenep.

Di Surabaya, pohon cemara udang bisa ditemui di sepanjang pesisir Kenjeran, kawasan Bulak dan seputar Jembatan Suramadu.

BACA JUGA: Cemara Udang Solusi Jitu Untuk Memecah Ombak

Cemara udang merupakan tanaman dengan banyak manfaat. Tanaman ini mampu menahan tiupan angin kencang, hempasan gelombang laut, dan terpaan pasir yang bergulung di sepanjang pantai.

Oleh karena itu, cemara udang sangat baik digunakan sebagai pemecah angin (windbarrier) di kawasan pantai yang rentan terhadap bahaya angin kencang dan tsunami.

Di tanaman ini juga tinggal satwa yang sangat peka dengan peristiwa tsunami. Sehingga perpindahan satwa dari pohon ini bisa menjadi isyarat alami bagi manusia bahwa akan terjadi tsunami.

Selain untuk mitigasi tsunami, cemara udang bisa digunakan untuk memperbaiki vegetasi di seputar pantai. Cemara udang merupakan jenis tanaman khas pantai yang potensial untuk rehabilitasi lahan dan konservasi tanah (RLKT) pantai berpasir.

BACA JUGA: Cara Rubi Memperkenalkan Bonsai di Surabaya

Kawasan di sekitar hutan cemara udang pun bisa dijadikan sebagai tambak udang dan peternakan karena kemampuan pohon ini mengikat nitrogen (biasanya disebut pupuk urea alami).

Selain bermanfaat bagi lingkungan, cemara udang juga bernilai ekonomi tinggi. Daya tarik utamanya terletak pada liukan batang yang sangat indah. Dan pertumbuhan secara alami menyerupai tanaman yang dibonsai oleh tangan manusia.

Di kalangan pecinta tanaman, harga cemara udang dijual dengan harga mulai hingga ratusan ribu rupiah. Adapun bibitnya dijual paling murah sebesar Rp 50 ribu.

Baca Juga

loading...