Berikut Jalur Pembatasan Angkutan Barang Saat Lebaran 2019

Baehaqi Almutoif

Sabtu, 18 Mei 2019 - 19:25

JATIMNET.COM, Surabaya - Dinas Perhubungan (Dishub) Jawa Timur memberlakukan pembatasan angkutan barang melintas di beberapa ruas jalan saat arus mudik dan balik Lebaran 2019.

Pembatasan melintas ini berlaku di jalur padat yang rawan kemacetan mulai H-3 hingga H+4 Idul Fitri 1440 Hijriah.

"Kemarin di Jakarta kami diundang Pak Menteri Perhubungan (Budi Karya Sumadi) untuk menyosialisasikan adanya Peraturan Menteri Perhubungan tentang pembatasan angkutan barang," ujar Kepala Dishub Jawa Timur Fattah Jasin, Sabtu 18 Mei 2019.

BACA JUGA: Dishub Jatim Prediksi Arus Mudik Naik 5 Persen

Pembatasan angkutan barang ini dilakukan di sejumlah ruas jalan, seperti jalur Mojokerto-Jombang-Caruban, jalan tol, jalur Probolinggo-Lumajang, jalur Lumajang-Banyuwangi, dan Pandaan-Malang. "Itu yang tidak boleh melintas angkutan barang," ungkapnya.

Larangan melintas ini tidak berlaku bagi kendaraan berat yang mengangkut bahan kebutuhan pokok. Fattah menyebut, angkutan barang yang memuat bahan kebutuhan pokok, air, dan bahan bakar minyak tetap diperbolehkan melintas. Tidak ada larangan lewat di jalan-jalan tersebut.

"Kecuali, tahun ini masuk air dalam kemasan boleh, susu, kemudian 9 bahan pokok, minyak dan gas, boleh melintas," tuturnya.

BACA JUGA: Jalur Baru Gunung Anyar-Sidoarjo Pangkas Macet 60 Persen

Kementerian Perhubungan membatasi operasional angkutan barang truk sumbu tiga ke atas, selama masa angkutan Lebaran 2019. Khusus di Jawa Timur, pembatasan ini dilakukan pada sepuluh ruas jalan tol dan empat ruas jalan nasional.

Pembatasan operasional ini tidak berlaku mobil barang yang mengangkut bahan bakar minyak (BBM), ternak, hantaran pos dan uang, serta bahan pangan pokok, maupun sepeda motor dalam rangka mudik dan balik gratis selama angkutan lebaran.

Adapun untuk angkutan barang ekspor dan impor, masih diperbolehkan untuk beroperasi. Hanya saja, harus disertai surat izin dari Kementerian Perhubungan.

Baca Juga

loading...