Bekraf Beri Peluang Pengusaha Kuliner Sasar Pasar Luar Negeri

Khoirotul Lathifiyah

Jumat, 5 April 2019 - 16:18

JATIMNET.COM, Surabaya - Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) memberi bagi pengusaha kuliner untuk mengenalkan produknya ke pasar luar negeri. Salah satunya dengan menggelar Kreatifood Expo 2019 di Ciputra World Surabaya pada 5-7 Juli 2019.

Perwakilan Foodlab Indonesia Bonnie Susilo mengungkapkan, pihaknya memberikan kesempatan kepada 200 FoodStartup untuk mengikuti acara Kreatifood Expo 2019. Syaratnya, peserta harus mendaftar dan sudah menjalankan usahanya.

"Dalam artian sudah mempunyai catatan penjualan usaha yang digelutinya," kata Bonnie saat diwawancarai usai Sosialisasi Kreatifood Expo 2019 di Ballroom Hotel Whyndham Surabaya, Jumat 5 April 2019.

BACA JUGA: Pertumbuhan Startup Dorong Penjualan Komputer dan Peralatan Teknologi

Menurut Bonnie, peserta harus mendaftar mulai 1-30 April 2019. Dan FoodStartup akan mengkurasi peserta sesuai dengan syarat yang ditentukan.

Ia menjelaskan Kegiatan ini juga dimaksudkan untuk membentuk ekosistem yang positif bagi perkembangan ekonomi kreatif yang tersinergi antara pemerintah, pelaku kreatif, investor, calon konsumen dan produsen.

"Perlu diingat untuk para peserta harus menyertakan beberapa syarat agar bisa masuk kurasi FoodStartup Indonesia," kata Bonnie.

Pertama adalah foto dan branding usahanya. Selanjutnya memberikan pemaparan segmen pasar dan perencanaan pemasarannya.

BACA JUGA: Startup Kesehatan Asal Indonesia Dapat Suntikan Dana USD65 Juta

Kasubdit Pasar Segmen Retail Dalam Negeri Muhammad Jufry menjelaskan pada expo mendatang akan mengundang distributor dan investor dari luar negeri seperti Malaysia, Singapura, Thailand dan negara Asean lainnya.

"Dalam kegiatan tersebut, FoodStartup akan memaparkan usaha yang sedang dijalankan kepada investor maupun distributor," katanya.

Harapannya pengusaha khsusunya anak-anak muda bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk memasarkan, memperkenalkan produk mereka agar lebih berkembang dan dikenal di penjuru dunia.

BACA JUGA: Startup di Indonesia Berawal dari Cocroach Sebelum Jadi Unicorn

Dlam expo ini akan ditampilkan 200 both yang terbagi ke dalam lima zona yaitu, zona ready to eat, zona ready to drink, zona ingredients, zona food service, dan zona food innovation.

Perlu diketahui Kreatifood merupakan paltform yang diinisiasi Bekraf sejak 2016 lalu yang dapat menghubungkan pelaku rintisan usaha ekonomi kreatif kuliner (FoodStarup) dan menghubungkan mereka kepada akses pemasaran dalam negeri  seperti reseller, distributor  atau pasar modern.

Kreatifood ini berkolaborasi dengan Bekraf melalui Deputi Pemasaran khususnya Direktorat Pengembangan Pasar Dalam Negeri dengan Deputi Akses Permodalan dan Perkumpulan FoodStarup Indonesia.

Baca Juga

loading...