Antara Ukuran dan Fungsi Reproduksi Alat Kelamin 

Nani Mashita

Rabu, 27 Maret 2019 - 20:45

JATIMNET.COM, Surabaya - Seorang laki-laki di Probolinggo, Nedi Sito membuat geger karena melaporkan menantunya bernama Barsah. Dia menuding Barsah memiliki alat kelamin dalam ukuran tidak wajar dan menyebabkan putrinya, Jumantri, meninggal.  

Sebenarnya, berapa ukuran normal alat kelamin laki-laki, dan apakah berkaitan dengan fungsi reproduksi?

Hampir semua laki-laki termasuk dalam kategori rata-rata, soal ukuran alat kelaminnya, menurut penelitian BJU International, dilansir dari healthline.com, Rabu 27 Maret 2019

Hanya 5 persen yang memiliki ukuran lebih, dari panjang dan ketebalan rata-rata, dan hanya 5 persen yang lebih kecil dari ukuran rata-rata.

BACA JUGA: Menantu Dilaporkan ke Polisi Karena Ukuran Kelamin Tak Wajar

Studi yang melibatkan 15.521 laki-laki itu menunjukkan, jika panjang rata-rata penis saat istirahat adalah 3,61 inci, dengan ketebalan rata-rata 3,66 inci. Ketebalan penis, diukur menurut lingkar bagian terluasnya.

Studi yang sama menemukan, bahwa panjang rata-rata penis yang sedang ereksi adalah 5,16 inci, dan ketebalan rata-rata saat ereksi adalah 4,59 inci.

Adapun cara mengukurnya,bisa menggunakan penggaris atau meteran yang ada di sekitar. Tempatkan ujung penggaris atau pita pengukur pada bagian atas alat kelamin, yang merupakan area di mana buah zakar terhubung ke tulang kemaluan.

Tempatkan penggaris atau meteran sedekat mungkin dengan tulang kemaluan. Ukur dari pangkal penis ke ujung kelenjar. Adapun untuk mengukur keliling, lingkarkan meteran ke bagian sekitar pangkal alat kelamin.

BACA JUGA: Permohonan Ganti Identitas Kelamin Resmi Dicabut

 Ukuran alat kelamin laki-laki juga kadang dijadikan indikasi dalam hal reproduksi.

Tapi hal tersebut dibantah sejumlah ahli urologi. Bagaimanapun, sperma dihasilkan dalam testis, bukan alat kelamin.

Menurut ahli urologi dan pendiri Klinik Turek, Paul Turek, jika penis tidak berfungsi dengan baik dan ada disfungsi ereksi, kemandulan adalah konsekuensi yang mungkin terjadi.

“Manusia memiliki alat kelamin terbesar di antara semua mamalia. Jika satu sentimeter panjang penis penting bagi kesuburan manusia, kita akan punah sebagai spesies. Jika ukuran adalah yang terpenting, maka dinosaurus masih akan berkeliaran di Bumi," katanya.

Baca Juga

loading...