Ancam Cabut izin Trayek Bus Jika Mainkan Tarif Lebaran

Baehaqi Almutoif

Rabu, 29 Mei 2019 - 14:54

JATIMNET.COM, Surabaya – Dinas Perhubungan (Dishub) Jawa Timur memastikan tidak ada kenaikan atau permainan tarif tiket bus selama mudik dan balik sepanjang angkutan Lebaran.

Kepala Dinas Perhubungan Fattah Jasin telah menurunkan personel untuk memantau tarif tiket bus sesuai dengan aturan yang berlaku. Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur sendiri menegaskan tidak menaikkan tarif batas atas maupun bawah.

"Gubernur tidak merevisi tarif angkutan. Jadi saya menyertakan petugas tidak berseragam, naik bus-bus untuk mengetahui kepastian bahwa tidak ada harga yang dipermainkan baik tarif batas bawah maupun atas," tegas Fattah Jasin, Rabu 29 Mei 2019.

BACA JUGA: Lebaran Tahun Ini, Tidak Ada Extra Flight di Jatim

Pemprov Jawa Timur mengingatkan kepada perusahaan otobus (PO) maupun awak bus tidak menaikan tarif bus melebihi batas yang ditentukan. Terutama untuk kelas ekonomi bus angkutan kota dalam provinsi (AKDP) yang jadi kewenangan Pemprov Jatim.

Dishub Jatim berjanji menyiapkan sankis bagi PO yang nakal dan tetap menaikkan tarif. "Sudah ada teguran dalam bentuk peringatan. Jika masih mokong, akan dicabut (izin trayek). Itu kalau terbukti dan dilakukan berulang-ulang,” lanjutnya.

Dinas Perhubungan, lanjut Fattah, memprediksi kenaikan pengguna moda transportasi bus pada mudik naik 3-5 persen dari tahun lalu atau sebanyak 3,2 juta penumpang. Langkah antisipasi telah dilakukan jika nantinya terjadi lonjakan penumpang cukup tajam.

BACA JUGA: Mudik Lebaran, Dishub Surabaya Siagakan 997 Bus

Operator bus, disebutkan Fattah telah menyiapkan bus cadangan yang setiap saat ketika dibutuhkan siap dioperasikan. “Saya secara fleksibel akan mengeluarkan izin trayek untuk AKDP," tuturnya.

Selanjutnya secara berkala terus dilakukan ramp check (uji kelayakan) kepada seluruh armada yang dioperasikan selama arus mudik dan balik 2019. Terutama yang menyangkut keselamatan penumpang.

Cek kendaraan ini digelar Pemprov Jawa Timur di terminal tipe B yang menjadi kewenangannya.

Baca Juga

loading...