Aksi Berontak Ahmad Dhani Melawan Kekangan Jaksa Pengawal

M. Khaesar Januar Utomo

Kamis, 11 April 2019 - 20:26

JATIMNET.COM, Surabaya - Penundaan sidang tuntutan kasus ujaran kebencian atau hate speech di Pengadilan Negeri Surabaya diwarnai sedikit kericuhan yang melibatkan terdakwa Ahmad Dhani, kuasa hukumnya serta jaksa pengawal tahanan, Kamis 11 April 2019.

Kericuhan terjadi saat pentolan grup Dewa 19 ini akan dimasukkan ke dalam mobil tahanan kejaksaan. Saat itu Dhani berniat untuk meladeni wawancara wartawan yang sudah menunggu untuk meminta pendapatnya terkait penundaan sidang tuntutan.

Dhani yang hendak dimasukkan ke dalam mobil tahanan melalui jalan belakang ruang sidang Cakra memaksa untuk memberikan pernyataan kepada awak media. Niatan Dhani tersebut mendapatb halangan dari jaksa pengawal tahanan.

BACA JUGA: Jaksa Belum Siapkan Tuntutan, Sidang Ahmad Dhani Ditunda

Dhani spontan berontak dan melepaskan diri dari hadangan jaksa tersebut. Sempat terjadi tarik menarik antara jaksa pengawal tahanan, Ahmad Dhani dan kuasa hukumnya.

Upaya berontak itu berhasil, Dhani bisa lepas dari cengkeraman jaksa pengawal tahanan tersebut dengan naik di pintu belakang mobil tahanan. "Sudah puas fotonya," teriak Dhani, Kamis 11 April 2019.

Usai insiden itu, Ahmad Dhani akhirnya dimasukkan ke dalam mobil tahanan yang akan membawanya kembali ke Rutan Klas 1 Surabaya.

BACA JUGA: Ahmad Dhani Sakit Asam Urat di Penjara Medaeng

Aldwin Rahardian, kuasa hukum Ahmad Dhani menyatakan, insiden itu terjadi karena kliennya merasa dihalangi saat hendak berbicara pada wartawan.

"Tadi di dalam itu dia mau berbicara. Tindakan oknum jaksa berlebihan. Petugas oknum kadang berlebihan, seperti napi teroris saja sampai ditarik-tarik begitu. Saya akan lawan cara-cara begitu," ungkapnya.

Dalam sidang Kamis 11 April 2019 ini, Ahmad Dhani sedianya mendengarkan pembacaan surat tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU). Namun jaksa belum siap dengan tuntutannya. Majelis hakim kemudian menunda agenda pembacaan tuntutan itu pada Selasa, 23 April 2019.

Baca Juga

loading...