100 Kilo Kokain Diselundupkan dalam Peti Pisang di Jerman

Nani Mashita

Senin, 8 April 2019 - 18:07

JATIMNET.COM, Surabaya - Sekitar seratus kilo kokain ditemukan dalam peti pisang, yang dikirim ke Jerman. Total kokain itu diperkirakan senilai USD 28 juta, atau setara Rp 390 miliar lebih.

Ratusan kilo kokain itu ditemukan di sela-sela peti berisi pisang, yang dikirim ke enam cabang Supermarket Aldi, di utara kota Rostock serta pusat logistik Aldi, di Jerman, dilansir dari Cnn.com, Senin 8 April 2019.

Tidak ada yang menyadari keberadaan kokain ini, hingga pekerja swalayan membongkar peti tersebut. 

Diduga obat terlarang itu dikirim dari Amerika Latin, kata juru bicara kejaksaan Rostock, Harald Nowack.

BACA JUGA: BNNP Jatim Sebut Tren Penggunaan Narkoba Meningkat pada 2019

"Paket-paket itu sementara diamankan dan selanjutnya dipisahkan dari isi yang tersisa (pisang)," katanya.

Adapun jumlah total kokain yang dimasukkan ke dalam peti pisang itu masih dihitung. Namun, Nowack mengatakan kepada organisasi berita Jerman NDR, bahwa tangkapan itu benar-benar unik untuk negara bagian Mecklenburg-Vorpommern, di Timur Laut Jerman.

"Kami belum memiliki jumlah akhir, karena kami belum bisa mengevaluasinya, karena kuantitas," katanya.

Namun, kepolisian negara bagian mengkonfirmasi bahwa jumlah tersebut mencapai tiga digit kilogram, dan laporan awal menunjukkan bahwa hasil tangkapan bisa bernilai USD 28 juta atau sekitar Rp396 miliar.

BACA JUGA: Bea Cukai Gagalkan Pengiriman Narkoba Jaringan Internasional

Nowack menolak untuk memberikan rincian lebih lanjut, dengan alasan penyelidikan, tetapi mencatat bahwa polisi berusaha mencari tahu asal-usul obat dan tujuan yang dituju. 

Aldi Nord, divisi dari rantai supermarket yang beroperasi di Jerman utara, mengaku jika penjualan terpengaruh dengan insiden ini. Tetapi supermarket itu menolak, untuk memberikan informasi lebih lanjut, karena penyelidikan sedang berlangsung.

Penemuan itu bukanlah pengangkutan kokain besar pertama yang ditemukan di negara bagian utara Mecklenburg-Vorpommern.

Pada tahun 1992 dan 2005, paket 100 kilo ditemukan di kapal kargo di pelabuhan Rostock.

BACA JUGA: Ngelantur dengan Narkoba

Pada tahun 2018, pengangkutan kokain 109 kilo, juga ditemukan di antara pengiriman nanas di sebuah gudang di Valluhn. Dan pada tahun 2018, lebih dari satu ton kokain ditemukan di Hamburg.

Baca Juga

loading...