Wisnu ajukan PK, Kejati Jatim Siap Hadapi

M. Khaesar Januar Utomo

Jumat, 11 Januari 2019 - 21:15

JATIMNET.COM, Surabaya - Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Timur siap menghadapai pengajuan Peninjauan Kembali (PK) yang akan dilakukan mantan ketua DPRD Surabaya Wisnu Wardhana terkait kasus tindak pidana korupsi.

"Kami siap saja jika terpidana ajukan PK," kata Kajati Jatim Sunarta, Jumat 11 Januari 2019.

Menurut Sunarta, Wisnu tetap akan menjalani hukuman enam tahun penjara di Lapas Klas 1 Surabaya meski mengajukan PK. Ia berpendapat, PK memang menjadi salah satu upaya terpidana untuk lolos dari tindak pidana korupsi.

BACA JUGA: Akhir Pelarian Wisnu

"Yang dapat ditunda cuma hukuman mati saja, kalau yang bersangkutan ini hukuman penjara, itu tidak ada masalah," ujar Sunarta.

Sebelumnya, Wisnu Wardhana dieksekusi saat berada di Jalan Raya Kenjeran Rabu, 9 Januari 2019, sekitar pukul 06.30 WIB. Saat dieksekusi,Wisnu yang bersama anaknya ini sempat melawan petugas dan berusaha kabur dengan menabrakkan mobil Daihatsu Sigra dengan nopol M 1732 HG ke motor milik petugas Kejari Surabaya.

Wisnu yang juga mantan Ketua DPRD Surabaya periode 2009-2014 dieksekusi setelah adanya putusan Mahkamah Agung (MA) yang menyatakan Wisnu terbukti bersalah melakukan korupsi terkait pengalihan aset PT. Panca Wira Usaha Jatim (BUMD) dengan kerugian kurang lebih 11 Milyar.

BACA JUGA: Kejari Surabaya Eksekusi Mantan Ketua DPRD

Dalam putusan itu, Wisnu divonis 6 tahun dengan denda Rp 200 juta subsider 6 bulan, serta wajib membayar uang pengganti sebesar Rp 1.566.150.733 subsider 3 tahun.

Baca Juga

loading...