Tips Merawat Rambut Agar Sehat Alami

Khoirotul Lathifiyah

Sabtu, 23 Maret 2019 - 11:52

JATIMNET.COM, Surabaya – Rambut di kepala ibarat mahkota. Banyak cara dilakukan seseorang untuk menjaga agar rambutnya tetap sehat, tidak rontok, tidak cepat beruban dan tak berketombe.

Herbs Spa & Wellness Center membagikan beberapa tips untuk mengatasi masalah-masalah di rambut anda. Menggunakan berbagai produk untuk perawatan rambut terkadang tidak bisa mengatasi masalah tersebut.

Menurut General Manager Herbs Spa & Wellness Center Syukriya Alkatiri mengungkapkan, untuk mengatasi masalah rambut bukan hanya tentang produk sampo atau vitamin dari luar yang digunakan pada rambut.

“Harus melakukan perawatan dari dalam diri kita juga,” katanya saat diwawancarai di Klinik Herbs Spa Jalan Diponegoro, Kamis 21 Maret 2019.

BACA JUGA: Gejala Dini Rambut Rusak

Berikut beberapa cara untuk mengatasi permasalah rambut yang sering dialami oleh masyarakat.

1. Mengganti sampo alami

Mengganti sampo adalah pilihan pertama yang harus dilakukan bagi orang yang memiliki masalah pada rambutnya. Yang pasti untuk beralih ke sampo lain harus disesuaikan permasalahan dan kebutuhan rambutnya.

Namun lebih baik menggunakan sampo alami, lanjut Syukriya. Misalnya produk-produk sampo yang tidak mempunyai kandungan bahan kimia khususnya ysng ada kandungan deterjennya. Pilihlah kandungan herbal alami atau extract herbal seperti extract kemiri, orang-aring, extract carrot, merang dan lain-lain.

2. Pola Hidup Sehat

Minumlah air mineral minimal 2 liter dalam sehari untuk menjaga pola hidup sehat. Cara ini sangat berpengaruh pada kesehatan tubuh, dan pastinya juga kesehatan rambut. Air mineral ini sangat dibutuhkan, untuk membantu kerja organ tubuh yakni ginjal manusia untuk mengeluarkan racun dalam tubuh.

BACA JUGA: Ketahui Penyebab Kerusakan Rambut

Selain itu, mengonsumsi makanan-makanan bergizi seimbang seperti sayur dan buah untuk menjaga ketahanan tubuh dengan stabil.

“Kebutuhan tubuh agar sehat harus terpenuhi, istirahat yang cukup, berolahraga, dan jangan stres. Juga sempatkanlah di pagi hari untuk olahraga ringan selama 15 menit saja,” kata Syukriya.

3. Me Time

Me Time, atau meluangkan waktu untuk diri sendiri adalah hal yang harus dilakukan. Kegiatan ini pastinya untuk memahami dan mengenal diri sendiri. Prinsipnya, jika bukan kita yang menyayangi diri sendiri, terus siapa?.

Nah, saat me time ini lakukan beberapa seperti memijat atau mengelus kulit kita untuk mengaktifkan hormon endorfing pada kulit, sehingga kulit bisa menjaga ketahanan tubuh. Dan minimal satu bulan satu kali untuk me time.

4. Lakukan treatment jika diperlukan

Jika beberapa langkah tersebut masih belum membantu permasalah rambut yang kamu hadapi, lakukan treatment dan konsultasi kepada dokter klinik pilihan anda.

Baca Juga

loading...