Tahun Pertama Mahalul Qiyam PCNU Bareng Gubernur Jatim

Khoirotul Lathifiyah

Kamis, 30 Mei 2019 - 07:12

JATIMNET.COM, Surabaya – Ketua PCNU Surabaya Muhibbin Zuhri bangga terselenggaranya kegiatan tahunan Lailatul Qiroah di Taman Bungkul Kota Surabaya. Rasa bangga ini karena tahun 2019 merupakan tahun pertama yang kegiatan mahalul qiyam (solawat nabi) dan tilawatil Quran dipimpin seorang pejabat.

“Tahun ini, tahun pertama Gubernur Jatim (Khofifah Indar Parawansa) yang memimpin solawat nabi, didampingi Kapolrestabes Surabaya (Komnbes Pol Sandi Nugroho) yang membaca terjemahan tilawah,” kata Muhibbin saat memberikan sambutan dalam acara Nuzulul Quran di Taman Bungkul, Rabu 29 Mei 2019.

Tahun lalu, PCNU Surabaya mengadakan Nuzulul Quran di tempat yang sama dengan tema Ayat-ayat Jihad dan Ayat-ayat Cinta untuk mendamaikan Kota Surabaya pasca pengeboman 14 Mei 2018 silam.

BACA JUGA: Warga Surabaya Penuhi Taman Bungkul Hadiri Nuzulul Quran

Muhibbin mengungkapkan dalam kesempatan ini, PCNU Kota Surabaya mengangkat tema Ayat-ayat Persatuan untuk mempersatukan kembali bangsa Indonesia pasca pesta demokrasi tahun 2019.

“Satu channel (presiden) sudah dipilih dan ditetapkan KPU, mari kita dukung bersama-bersama yang terpilih," kata dia. Menurutnya semua masyarakat, khususnya masyarakat Surabaya harus tetap bersatu untuk bangsa.

Ia mengingatkan bahwa sebuah perbedaan adalah suatu keniscayaan, yang disebut umat muslim sebagai sunatullah. Namun demikian, perbedaan tersebut bukan penghalang untuk bersatu.

BACA JUGA: Peringati Nuzulul Quran, Santri An-Nur Probolinggo Doakan Indonesia Damai

“Masyarakat Kota Surabaya adalah warga-warga yang dewasa, jika ada hal yang kurang pas, bisa disalurkan dalam jalur hukum. Suroboyo gausah geger, tapi wani diselesaikan dengan damai,” kata Muhibbin.

Dalam kesempatan itu, dia juga menyampaikan salam dari Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini kepada para alim ulama yang berhalangan hadir karena sedang sakit.

“Bapak Ibu sekalian, Ibu Wali tidak bisa hadir hadir karena sakit, mohon dimaklumi nggeh. Jadi mari kita doakan agar cepat sehat dan bisa menjalankan tugas untuk Kota Surabaya. Mari kita bacakan surat Al-Fatihah,” ajaknya.

Baca Juga

loading...