Ribuan Surat Suara Disebrangkan dari Probolinggo ke Gili Ketapang

Zulkiflie

Selasa, 16 April 2019 - 12:10

JATIMNET.COM, Probolinggo - Logistik Pemilu berupa bilik suara, kotak suara dan surat suara didistribusikan ke Pulau Gili Ketapang, Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo.

Di pulau tersebut, 6415 lembar surat suara bersama logistik lain, akan dibagikan ke 25 Tempat Pemungutan Suara (TPS), dengan pengawalan petugas.

Pendistribusian logistik pemilu dilakukan pada Selasa 16 April 2019, sekitar pukul 07.00 WIB.

Logistik pemilu diangkut menggunakan kapal balai KM Sapu Rasa 03 dari Pelabuhan Tanjung Tembaga Probolinggo, menuju dermaga di Pulau Gili Ketapang.

BACA JUGA: Tangkap Pelaku Politik Uang, Bawaslu Ponorogo Sita Rp66 Juta 

Proses pendistribusian mendapatkan pengawalan ketat, oleh dua kapal cepat milik patroli Satpol Air dan Baharkam Mabes Polri

Sejumlah logistik pemilu, dibungkus dengan kantong plastik guna menghindari rusak akibat percikan air laut, saat diangkut menggunakan kapal.

DISTRIBUSI. Logistik untuk Pemilu 2019 didistribusikan ke Pulau Gili Ketapang di Probolinggo. Foto: Zulkifli

Ketua PPK Sumberasih, Imron menyebutkan logistik yang didistribusikan ke Pulau Gili meliputi, kotak suara sebanyak 125 box, bilik suara 100 lembar, dan surat suara 6415 lembar.

"Terkait pengamanan logistik Pemilu, kita sudah koordinasikan dengan pihak kepolisian dan lainnya,"kata Imron, Selasa 16 April 2019.

BACA JUGA: Distribusi Logistik Pemilu di Jember Gunakan Kuda

Terpisah Kapolresta Probolinggo, AKBP Alfian Nurrizal menjelaskan, untuk pengamanan pemilihan umum di Pulau Gili Ketapang, pihaknya menerjunkan sembilan personil polri.

Pengamanan dilakukan, mulai dari lokasi penyimpanan logistik, proses distribusi ke TPS, hingga usai pencoblosan, dan pergeseran logistik Pemilu dari Pulau Gili Ketapang ke Kecamatan Sumberasih.

"Untuk model pengamanan, kita terjunkan 8 personil anggota Polri dengan 1 perwira yakni IPDA Agus,"terang Kapolresta.

Sebagai informasi, pada Rabu 17 April 2019 besok, pesta demokrasi pemilu legislatif dan presiden digelar. Seluruh warga Indonesia, akan menentukan hak suaranya melalui bilik suara di TPS.

Baca Juga

loading...