Presiden Jember Fashion Carnaval Dynand Fariz Wafat

Ahmad Suudi

Reporter

Ahmad Suudi

Rabu, 17 April 2019 - 14:58

JATIMNET.COM, Jember - Penggagas dan Presiden Jember Fashion Carnaval (JFC) Dynand Fariz meninggal dunia Rabu 17 April 2019 sekitar pukul 03.56 WIB. Ia menghembuskan nafas terakhir di RS Jember Klinik karena penyakit Tuberkulosis (TB) yang dideritanya.

“Sebelumnya Dynand masih mengajar di sekolah mode Esmod di Jakarta. Lalu Dynan memilih pulang ke Jember untuk rawat jalan,” kata Suyanto, kakak kandung Almarhum saat dihubungi Rabu 17 April 2019.

Suyanto mengatakan sebulan terakhir Dynand mengeluhkan sesak nafas yang kerap dirasakannya. Namun Dynand tidak terbuka tentang keluhan-keluhan penyakitnya yang lain pada keluarga.

BACA JUGA: Banyuwangi Akan Gelar 99 Festival sepanjang 2019

Dia berusaha menenangkan keluarga dengan berkata dirinya baik-baik saja. Bahkan Dynand tetap bekerja meski sudah dilarang keluarga. “Dia memang pekerja keras. Ia pendidik yang mau berbagi ilmu dengan siapa saja,” ujarnya.

Suyanto mengatakan JFC telah menjadi tempat Dynand membagikan ilmu dan keahliannya di bidang fashion. Dia yakin JFC akan tetap berjalan dan menarik perhatian wisatawan, meski Dynand yang menggagasnya telah tiada.

Menurut Suyanto, keluarga hendak menguburkan jenazah di tanah kelahirannya, pemakaman Desa Garahan, Kecamatan Silo, Kabupaten Jember.

BACA JUGA: Ini Calendar Event yang Didisiapkan Pemkot

JFC merupakan even karnaval jenis fashion show on the street yang digelar setiap tahun di Kabupaten Jember sejak tahun 2002. Even internasional itu telah menjadi tujuan desainer-desainer dan pegiat karnaval menunjukkan karyanya.

Berkarya di dunia fashion selama lebih dari 17 tahun, selain di JFC sendiri, karyanya telah tampil di karnaval-karnaval kota lainnya. Sebanyak 13 kostum JFC yang dikurasinya juga mendapatkan penghargaan internasional.

Sebagian di kategori best national costume, seperti pada ajang Miss Supranational 2014 di Polandia dan Miss International 2014 di Tokyo.

Baca Juga

loading...