Polda Jatim Gagalkan 1.200 Orang Menuju Jakarta

M. Khaesar Januar Utomo

Senin, 20 Mei 2019 - 14:57

JATIMNET.COM, Surabaya – Polda Jatim menggagalkan sekitar 1.200 orang yang akan mengikuti aksi people power di Jakarta, pada 22 Mei 2019. Penggagalan ini setelah Polda Jatim dan polres jajaran melakukan razia di beberapa kota seperti Malang Kota, Kabupaten Malang, Tulungagung, Bangkalan, hingga Banyuwangi.

Kapolda Jatim, Irjen Pol Luki Hermawan mengatakan sampai saat ini 1.200 orang telah dikembalikan ke daerah asalnya. Polisi akan terus melakukan razia untuk mengantisipasi masyarakat yang hendak berangkat ke Jakarta.

“Kami akan terus mengantisipasi dengan merazia. Sebab kami juga sudah memulangkan romongan dari Sumbawa melalui perjalanan darat menyeberang ke Bali hingga Banyuwangi,” kata Luki Hermawan, Senin, 20 Mei 2019.

BACA JUGA: Cegah Massa ke Jakarta, Polres Madiun Razia Jalan Tol

Polda Jatim juga menggagalkan sejumlah kendaraan berangkat ke Jakarta seperti dari Kota Malang dan Tulungagung masing-masing satu bus, Kabupaten Malang dua bus, serta Bangkalan tiga elf.

“Kami juga mengamankan sedikitnya 24 orang dari Kalimantan Selatan dan 26 orang dari Sumbawa, dan semua sudah kami kembalikan ke daerah asal,” ucap Luki.

Sebetulnya, lanjut Luki, cukup banyak rombongan massa yang akan berangkat mengikuti aksi 22 Mei dari wilayah Timur, baik perjalanan darat maupun laut.

BACA JUGA: Polisi Gelar Razia Antisipasi Pergerakan People Power

Berkaitan dengan hal tersebut, Polda Jatim akan terus intens melakukan razia untuk menggagalkan keberangkatan massa ke Jakarta dengan cara negosiasi. “Kami akan terus melakukan sweeping sampai tanggal 22 Mei,” tandasnya.

Meskipun begitu polisi masih kesulitan untuk mengidentifikasi masyarakat yang hendak berangkat sendiri ke Jakarta. “Selama ini kami hanya mengamankan rombongan yang akan berangkat ke Jakarta,” ucap Luki.

Baca Juga

loading...