Cegah Massa ke Jakarta, Polres Madiun Razia Jalan Tol

Nd. Nugroho

Minggu, 19 Mei 2019 - 22:36

JATIMNET.COM, Madiun - Petugas Polres Madiun bersiaga di empat titik menjelang aksi demonstrasi di depan gedung KPU RI, Jakarta, Rabu 22 Mei 2019. Tiga di antaranya di kawasan jalan tol ruas Ngawi-Wilangan, yakni rest area 627 di wilayah Kecamatan Saradan, gerbang tol Caruban, dan gerbang Madiun.

"Satu lainnya di jalur arteri (Madiun-Ponorogo) di Kecamatan Geger," kata Kapolres Madiun AKBP Ruruh Wicaksono ditemui di lokasi razia di rest area Saradan, Minggu 19 Mei 2019.

BACA JUGA: Polisi Gelar Razia Antisipasi Pergerakan People Power 

Di setiap titik operasi, kata Ruruh, melibatkan 50 personel termasuk dari TNI Angkatan Darat. Para petugas itu bersiaga hingga Selasa 21 Mei 2019 dengan menggunakan beberapa peralatan seperti mirror detector dan senjata laras panjang. Adapun targetnya adalah bus pariwisata maupun mini bus.

"Kemungkinan massa membawa kendaraan pribadi sangat kecil," ujar Ruruh kepada sejumlah jurnalis.

Menurut dia, untuk rute yang berpotensi dilewati rombongan massa yang bakal ikut aksi 22 Mei adalah jalan tol. Pintu tol Wilangan yang berdekatan dengan rest area Saradan dimungkinkan dilintasi rombongan dari Nganjuk, Kediri, dan Trenggalek.

BACA JUGA: Polda Jatim Gagalkan Tiga Bus yang Akan ke Jakarta

"Kami juga menerima informasi akan ada massa yang berangkat dari Sidoarjo. Maka, kami mengantisipasi di sini (rest area Saradan),” ucap Kapolres.

Dalam razia di lokasi itu, sedikitnya tiga kendaraan yang dihentikan. Salah satunya mini bus, yang ditumpangi rombongan anggota DPRD Kota Probolinggo yang hendak menuju Surakarta, Jawa Tengah.

BACA JUGA: Tanggapi Isu People Power, Jokowi: Jangan Aneh-aneh Lah

Sebelum bus parkir, petugas menghentikan kendaraan itu. Sebagian di antaranya naik dan menyampaikan tentang pencegahan keberangkatan massa untuk ikut aksi 22 Mei di Jakarta. Lantas, petugas meminta izin kepada penumpang untuk memperlihatkan kartu tanda penduduk yang dibawa.

Selain itu, sebagian petugas melakukan pemeriksaan bagasi dengan menggunakan mirror detector. Selama razia berlangsung hingga pukul 20.00 WIB, tidak ditemukan barang mencurigakan.

Baca Juga

loading...