Penitipan Hewan Mulai Meningkat Saat Liburan Nataru

Khoirotul Lathifiyah

Minggu, 23 undefined 2018 - 15:09

JATIMNET.COM, Surabaya – Liburan akhir tahun atau Natal dan tahun Baru menjadi berkah bagi petshop (toko hewan peliharaan) yang sekaligus menerima penitipan anjing dan kucing.

Dua petshop yang dikunjungi Jatimnet Klinik Yuppie daerah Wonorejo IV yang menerima penitipan anjing dan kucing, sedangkan Wawa n’Ca di Jalan Pegirian Nomor 192 yang menerima penitipan kucing.

Klinik Yuppie sudah mulai banyak menerima penitipan kucing maupun anjing sejak dimulainya liburan pada 20 Desember dan secara keseluruhan sudah menerima lebih dari 15 pelanggan.

BACA JUGA: Tips Liburan Tanpa Tinggalkan Sampah

“Hari ini klinik kami sudah menerima empat pelanggan, tiga kucing dan satu anjing,” kata Drh Fitri Maria Ulfa saat dijumpai di Klinik Yuppie, Sabtu 22 Desember 2018.

Klinik Yuppie menyediakan tiga ruangan untuk penempatan hewan peliharaan. Ruang utama (resepsionis) untuk layanan hewan yang gromi (perawatan biasa), opname, maupun hewan yang dititipkan.

Ruangan utama ini untuk rawat inap kucing yang sakitnya tidak menular. Ruang kedua di samping ruang utama digunakan untuk rawat inap kucing yang punya penyakit menular, dan ruang ketiga di atas ruang utama untuk penitipan hewan.

Yuppie kini menampung empat anjing, satu anjing jenis Maltese berbulu putih yang sedang hamil berukuran besar, dan dua bayi anjing bersama induknya. Selain itu, terdapat 13 beberapa ekor kucing mulai dari kucing Persia hingga kucing lokal.

“Kebetulan di ruang opname tidak ada hewan yang sakit, jadi bisa konsentrasi memberi makan saja. Saat ini di ruang atas kurang lebih ada 15 ekor kucing dan dua ekor anjing,” kata Fitria.

Di Klinik Yuppie tarif penitipan disesuaikan dengan jenis hewan dan berat badan hewan. Drh Fitria mengungkapkan biaya penitipan kucing di bawah 3 kg dipatok Rp 40.000 per hari, untuk selebihnya sekitar harga Rp 50.000 per hari. Sedangkan anjing kecil Rp 60.000 per hari dan yang besar Rp 120.000 per hari.

BACA JUGA: Adira Hadirkan Travellin Asuransi Untuk Liburan Akhir Tahun

“Harga tersebut pelanggan mendapatkan fasilitas makan untuk hewannya sesuai standar. Untuk anjing ada pula pelanggan yang membawa makanannya sendiri, karena makanan anjing lebih sulit dan bervariasi,” tambahnya.

Aktivitas lain terlihat di Wawa n’Ca. Beberapa karyawannya tengah melayani pelanggan untuk membeli makanan kucing dan anjing.

Pemilik Pet Shop Wawa n’Ca Ainun (43 tahun) mengungkapkan saat liburan Nataru tidak banyak yang menitipkan hewan peliharaanya, karena kebanyakan pembantu rumah tangga tidak mudik.

Kliniknya hanya menerima penitipan kucing dengan biaya Rp 20.000 – 30.000 per hari. “Harga tersebut pelanggan harus membawa makanan sendiri untuk kucing yang dititipkan,” tambahnya

Petshop Wawa n’Ca saat ini menerima delapan kucing yang dititipkan menjelang liburan Nataru. Adapaun jenis kucing yang dititipkan adalah kucing Persia, kucing lokal, dan kucing Anggora.

Dari kedua petshop, pemilik klinik menyediakan kandang untuk kucing maupun anjing dengan ukuran 50 cm x 30 cm, 1 m x 1 m, 2 m x 1 m. Sebetulnya pelanggan diperbolehkan jika ingin membawa kandang sendiri, meskipun pihak klinik juga sudah memiliki.

Baca Juga

loading...