Pelindo III Tambah Dua Rute Mudik Lebaran Gratis

Ke Kabupaten Sumenep Madura dan Kota Malang
Khoirotul Lathifiyah

Sabtu, 1 Juni 2019 - 08:16

JATIMNET.COM, Surabaya - Program Mudik Bareng BUMN Pelindo III menambah dua rute mudik lebaran gratis 2019. Dua rute mudik tambahan itu antara lain menuju Kabupaten Sumenep Madura dan Kota Malang.

Pelindo III sebelumnya telah menyiapkan lima rute dalam program mudik gratis ini yakni dari Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya menuju Kabupaten Blora (Cepu), Kota Madiun, Kabupaten Trenggalek, Kota Blitar, dan Kabupaten Jember..

"Setelah para pemudik kapal laut tiba di pelabuhan, penumpang bisa melanjutkan perjalanan mudik ke kampung halamannya secara gratis dengan bus yang telah kami siapkan," kata Direktur Operasional dan Komersial Pelindo III Putut Sri Muljanto dalam siaran pers yang diterima Jatimnet.com, Jumat 31 Mei 2019.

BACA JUGA: Pelindo III Prediksi Ratusan Ribu Pemudik Menumpang Kapal

Muljanto mengatakan Pelindo III telah menyiapkan bus gratis di Pelabuhan Tanjung Perak dan Pelabuhan Tanjung Emas. Untuk keberangkatan dari Pelabuhan Tanjung Perak, Pelindo III menambah dua rute yakni menuju Kabupaten Sumenep Madura dan Kota Malang.

Penambahan ini karena melihat banyaknya pemudik kapal yang turun dari Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

"Ternyata pada 28 Mei 2019 lalu ada banyak pemudik tujuan ke Kabupaten Tuban yang minta dilayani, maka akhirnya Pelindo III memberangkat satu bus untuk mengantar mereka berkumpul dengan keluarga,” kata dia.

Sementara dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, bus akan membawa para pemudik ke Kabupaten Tegal, Kabuaten Wonosobo, Kabupaten Temanggung, Kabupaten Purworejo, Yogyakarta, Kota Solo, dan Kabupaten Grobogan (Purwodadi). Bus gratis di dua pelabuhan yang dikelola Pelindo III ini telah tersedia sejak H-7 hingga H-1 Lebaran.

Muljanto mengatakan Program Mudik Bareng BUMN yang dilayani Pelindo III mudah diakses melalui situs internet dan ponsel.

BACA JUGA: Pelindo III Tambah Kuota Mudik Gratis Hingga 30.000 Tiket

Seperti diberitakan, Pelindo III melepas sekitar seribu pemudik yang tiba di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya yang ikut dalam program mudik bareng BUMN, Jumat 31 Mei 2019.

Pada Lebaran 2019, Pelindo III telah menyiapkan 30 ribu tiket kapal gratis dalam program mudik bareng BUMN pada Lebaran 2019. Jumlah meningkat dibandingkan Lebaran tahun 2018 sebanyak 16 ribu tiket.

Animo masyarakat terus meningkat terutama para penumpang kapal laut yang merantau ke luar Jawa untuk bekerja di sektor informal seperti di perkebunan.

Baca Juga

loading...