JATIMNET.COM, Banyuwangi – Mahasiswa Politeknik Negeri Banyuwangi (Poliwangi) sukses uji coba prototipe mobil listrik yang diberi nama Gajah Oling KM.13. Separuh komponen mobil listrik yang bisa ditumpangi satu orang itu didesain, dibuat dan dirakit sendiri oleh anggota Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Mobil Listrik, Program Studi D3 Teknik Mesin.

"Ini masih prototipe, jadi belum bisa digunakan secara umum. Kecepatannya mencapai 40 hingga 50 kilometer per jam saat baterai penuh," kata Dosen Pembimbing UKM Mobil Listrik Poliwangi Galang Sandi Prayogo usai uji coba mobil listrik di lingkungan Poliwangi, Senin 7 Januari 2019.

Galang mengatakan, komponen yang dibuat sendiri oleh mahasiswa seperti body dari plat baja setebal 1 milimeter, power steering, dan suspensi. Sedangkan komponen hasil impor meliputi baterai, motor penggerak dan sistem kontrol.

BACA JUGA: Mobil Listrik Genetro Suryo Pecahkan Rekor Asia

Sebanyak 4 baterai yang dipasang berkapasitas total maksimum 50 volt, yang setiap 1 volt mampu menggerakkan mobil sejauh 5 kilometer. Setelah baterai terisi penuh, akan mampu menggerakkan mobil selama 4 sampai 5 jam.

Selain hemat daya listrik, mobil berbobot 207 kilogram itu memiliki dimensi yang cukup mungil. Dengan keunggulan itu dalam Kompetisi Mobil Listrik Indonesia (KMLI) yang digelar di Politeknik Negeri Bandung (Polban) tahun 2018, Gajah Oling KM.13 meraih juara pertama kategori efisiensi.

"Awalnya kita hanya ingin menunjukkan eksistensi, tapi ternyata menjadi juara di salah satu kategori," cerita Galang.

Pembuatan mobil listrik mini itu pada umumnya membutuhkan dana sebesar Rp 60 - Rp70 juta. Namun dengan peralatan dan komponen yang sebagian sudah dimiliki kampus, biaya pembuatan bisa ditekan.

BACA JUGA: Hyundai Terapkan Mobil Berteknologi Sidik Jari

Galang berencana mengubah body dari plat baja menjadi fiber agar lebih ringan, menambah rasio rotasi kemudi, menyesuaikan rem mekanik roda dengan mesin, serta menambah motor penggerak dari 1 unit bertenaga 1.000 watt menjadi 2 unit.

Dengan itu targetnya Gajah Oling KM.13 menjadi juara kategori slalom (jalan berkelok-kelok) pada kompetisi KMLI tahun depan.

Hal senada dikatakan Ketua Divisi Elektrikal UKM Mobil Listrik Ferly Joi Stiawan. Dia juga ingin meningkatkan kecepatan mobil dan mengembangkan bagian body.

"Dulu buat selama 5 bulan, dikerjakan 24 orang. Paling stres saat mengerjakan di bagian kelistrikannya, " ujarnya.