JATIMNET.COM, Surabaya - Memiliki sebuah toilet merupakan hak istimewa di zaman modern ini, mengingat banyak bagian di dunia yang belum memiliki akses ke penggunaan toilet. Ada beberapa orang yang membuat sebuah toilet dengan fitur-fitur yang tidak pernah dipikirkan sebelumnya.  

Selain memiliki fasilitas yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya, harga untuk membuat satu buah toilet ini juga bisa menghabiskan ratusan juta rupiah. Berikut lima toilet mahal yang ada di dunia dirangkum dari www.moneyinc.com, Sabtu 9 Februari 2019.

1.Dagobert

Jika ada toilet untuk para raja, maka “Dogobert”  bisa jadi pilihan. Nama ini diambil dari penguasa terakhir dinasti Merovingian di Prancis, Raja Dagobert. Toilet ini sangat megah. Tingginya lima kaki dan desainnya dirancang seperti singgasana.

BACA JUGA: Bos Amazon, Jeff Bezos Mengaku Diperas National Enquirer

Toilet ini memiliki fitur rantai tarik di sudut kiri atas dan tempat lilin di sudut kanan atas serta memiliki sandaran tangan. Toilet ini juga akan memainkan lagu, "Le Bon Roi Dagobert," setiap kali tutupnya diangkat. Toilet kayu ini dijual seharga $ 14,123 atau sekitar Rp 198 jutaan.

2. Toilet Swarovski

Seperti namanya, toilet ini bertabur kristal Swarovski dan didesain oleh studio Jemal Wright. Kristal menutupi setiap jengkal toilet ini. Satu-satunya hal yang tidak bertabur adalah kursi toilet dan bagian dalam penutup toilet.

Ini sebenarnya lebih tepat sebagai sebuah karya seni yang dipajang di galeri seni ketimbang di kamar mandi. Kalaupun dipasang di kamar mandi, toilet ini akan dibersihkan setiap hari, mungkin bahkan setelah setiap penggunaan. Toilet ini dibanderol harga USD 75.000 atau lebih dari Rp 1 miliar.

BACA JUGA: Wabah Campak Serang Filipina

3.Moon River Art Park Toilet

Memang ini bukan toilet pribadi, tapi toilet umum dan menjadi objek wisata lokal yang terletak di dalam gua buatan manusia di Moon River Art Park yang terkenal di Shanghai, Cina. Orang-orang sengaja datang kesini dan rela mengantre 2 jam agar bisa duduk di kursi toilet ini. Untung saja tidak harus membayar hanya untuk duduk di atasnya. Cukup membayar biaya masuk ke taman. Toilet ini diperkirakan menelan biaya $ 750.000 atau sekitar Rp 10,5 miliar.   

4.  Hang Fung Golden Toilet

Toilet satu ini menghabiskan dana USD 5 million atau sekitar Rp 70 miliar. Tak perlu heran karena toilet beserta ruangannya terbuat dari emas. Toilet milik Grup Teknologi Hang Fung Gold yang diberi nama “The Hall of Gold” ini dipamerkan untuk publik. Banyak wisatawan berduyun-duyun ke ruangan ini untuk mengambil fotonya.

BACA JUGA: Utusan PBB: Kashoggi Dibunuh Para Pejabat Arab Saudi

5. Toilet Stasiun Luar Angkasa Internasional

Toilet stasiun luar angkasa internasional ini menjadi yang paling mahal karena dibangun dengan dana USD 19 juta. Toilet ini dibangun oleh Rusia untuk stasiun ruang angkasa pada tahun 2008, dan punya fitur ekstra untuk aktivitas kamar mandi. Toilet ini juga memiliki kawat untuk menjaga kaki  astronot dalam posisi yang tepat saat menggunakan toilet. Toilet ini juga bisa menyedot limbah yang dimasukkan ke dalam septic tank agar bisa digunakan di luar angkasa. Selain itu, toilet ini memiliki filter canggih yang mampu mengekstraksi air limbah dan memurnikannya untuk air minum. Ini adalah mesin daur ulang terbaik.