Lima Partai Ini Diprediksi Kuasai Dapil Jatim I DPR

Baehaqi Almutoif

Kamis, 11 April 2019 - 07:40

JATIMNET.COM, Surabaya - Daerah Pemilihan Jawa Timur I DPR RI jadi pertarungan panas partai politik. Nama besar seperti Bambang DH, Puti Guntur Soekarno, Arzeti Bilbina, dan Bambang Haryo harus berjibaku memperebutkan jatah sepuluh kursi.

Lembaga riset politik Surabaya Consulting Group (SCG) memprediksi, sepuluh kursi yang dialokasikan untuk Dapil Jawa Timur I terdistribusikan ke lima partai. Direktur Eksekutif SCG Didik Prasetiyono menyebut, lima partai itu PDI Perjuangan, PKB, Gerindra, Nasdem, dan Golkar.

"Elektabilitas Jokowi yang mencapai 77,69 persen telah memengaruhi dan berdampak positif terhadap perolehan partai politik yang diidentifikasi sebagai pendukung Jokowi," ujar Didik melalui keterangan resminya, Rabu 10 April 2019.

BACA JUGA: Survei Pilpres, Pengamat: Margin Suara Dua Paslon Menyempit

PDI Perjuangan mengunci tingkat elektabilitas tertinggi sebesar 35,96 persen, disusul PKB 13,65 persen, Gerindra 6,73 persen, Golkar 3,85 persen, NasDem 3,46 persen, Demokrat 2,69 persen, PAN 2,69 persen, dan PPP 1,15 persen. Partai politik lain di bawah 1 persen.

Dari hitungan itu yang mendasari Didik menyimpulkan sepuluh kursi dari Dapil Jawa Timur I hanya dimiliki lima partai. Rinciannya, lima kursi menjadi milik PDIP, dua kursi untuk PKB, masing-masing satu kursi untuk Gerindra, Nasdem, dan Golkar.

Jika prediksi SCG menjadi kenyataan di 17 April mendatang, ini berarti kursi PDI Perjuangan meningkat dibanding pemilu 2014 sebesar tiga kursi. "Sistem Sainte Lague menguntungkan partai besar di Dapil I Surabaya-Sidoarjo," ungkapnya.

BACA JUGA: Survei LKPI, Suara Joko Widodo-Ma’ruf Amin Merosot

Didik merinci, dari sepuluh kursi, lima kursi untuk PDIP diprediksi berlabuh ke Puti Soekarno dan Bambang DH. Perolehan suara dua caleg tersebut relatif aman. Adapun tiga kursi lainnya masih diperebutkan Cita Oktavia, Indah Kurnia, Andre Hehanusa, dan Laksda (Purn) Yuhastihar.

Adapun dua kursi untuk PKB, diprediksi yang teraman adalah milik Syaikhul Islam. "Fandi Utomo dan Arzetti Bilbina masih adu kuat rebut satu kursi lainnya," ujarnya.

Kemudian satu kursi untuk Gerindra, petahana Bambang Haryo adu kuat dengan Rahmat Muhajirin. Sementara Golkar, Adies Kadir ditempel ketat Abraham Sridjaja untuk memperoleh satu kursi. Jarak keduanya dalam selisih margin of error.

BACA JUGA: Kutip Hasil Survei Media, Puan Yakini Elektabilitas Jokowi Tinggi

Kemudian satu kursi untuk Nasdem, Maruli Hutagalung yang unggul masih ditempel Vincesius Awey dan Manohara.

"Masih ada waktu untuk bermanuver. Siapa yang menyalip di tikungan akhir, itulah yang menang, karena persaingan antarcaleg di internal partai masih dalam rentang margin of error," pungkasnya.

Survei tersebut digelar 18-24 Maret 2019. Jumlah responden 520 orang dengan metode multistage random sampling. Survei ini memiliki margin of error 2,45 persen pada tingkat kepercayaan 98 persen. Pembiayaan dari dana internal SCG.

Baca Juga

loading...