Laksanakan PSU, TPS 28 di Surabaya Sediakan Sarapan Gratis

Khoirotul Lathifiyah

Jumat, 26 April 2019 - 21:40

JATIMNET.COM, Surabaya – Tempat Pemungutan Suara 28 di Balai RW IV Perumahan Rungkut Menanggal Harapan Blok G A menyediakan makan gratis saat pemungutan suara ulang (PSU), Sabtu 27 April 2019.

"Kami sediakan makanan seperti soto, bakso, dan menu lainnya. Dan kami akan memesan 50 porsi untuk setiap satu jenis makanan," kata Ketua Panitia Pemungutan Suara Kecamatan (PPK) Gunung Anyar Kusnan saat diwawancarai di TPS 28, Jumat 26 April 2019.

Menurutnya, pemberian makanan gratis ini juga untuk mengapresiasi masyarakat yang mau datang kembali untuk menggunakan hak pilihnya dalam pemungutan suara ulang karena kesalahan teknis pada pelaksanaan sebelumnya, Rabu 17 April 2019.

BACA JUGA: KPU Surabaya Fokus Persiapkan PSU di Dua TPS

Kusnan mengaku petugas yang menjalankan tugas saat pemilu berlangsung kurang tegas dan tidak yakin bahwa enam orang yang datang ke TPS adalah warga luar Surabaya.

"Akhirnya tetap melakukan pencoblosan. Lalu ketika perekapan ditemukan bahwa enam orang tersebut bukan warga Surabaya," katanya.

Ia menjelaskan pengiriman logistik untuk penyelenggaraan pemungutan suara ulang (PSU) di TPS 28, tepatnya di Balai RW IV Perumahan Rungkut Menanggal Harapan Blok G A telah tiba dilokasi pukul 16.09 WIB, Jumat 26 April 2019.

BACA JUGA: Pemkot Surabaya Turunkan Tim Medis Selama PSU Berlangsung

Ia menyatakan tidak ada yang istimewa dan berjalan seperti pemungutan suara sebelumnya. Hanya saja pada saat pencoblosan, TPS 28 menyiapkan sarapan pagi bagi Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan Daftar Pemilih Khusus (DPK).

“Tidak ada yang istimewa, para petugas malah lebih siap karena belajar dari yang seblumnya. Logistiknya juga sudah masuk semua tadi dikawal ketat patwal dari gudang sampai sini,” kata Kusnan.

Selain mempersiapkan petugas untuk PSU, Kusnan juga telah memberikan pemberitahuan pada warga setempat untuk melakukan pencoblosan ulang. Bahkan dia bersama anggota lainnya bergantian melakukan sosialisasi dengan menggunakan pengeras suara berkeliling perumahan untuk mengingatkan warga.

BACA JUGA: Dua TPS di Surabaya Gelar PSU 27 April Mendatang

“Sore kami ingatkan berkeliling perumahan, besok pagi-pagi kami keliling lagi mengingatkan pakai toa (pengeras suara),” tuturnya.

Ia menambahkan, tingkat partisipasi di TPS 28 pada pemilu serentak 17 April kemarin sekitar 70-80 persen. Diketahui terdapat 269 DPT dan 9 DPK. PSU di TPS tersebut akan diselenggarakan pada pukul 07.00 WIB.

Berdasarkan pantauan Jatimnet.com pukul 16.00 WIB tampak belasan personel Polisi dengan bersenjata lengkap berjaga-jaga di TPS tersebut. Sebanyak empat kotak suara telah disimpan rapi dalam kondisi tersegel di dalam ruangan Balai RW.

Baca Juga

loading...