KPU Surabaya Fokus Persiapkan PSU di Dua TPS

Khoirotul Lathifiyah

Jumat, 26 April 2019 - 21:15

JATIMNET.COM, Surabaya – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya telah mempersiapkan logistik untuk pelaksanaan pemungutan suara ulang (PSU) yang berlangsung di dua TPS di Surabaya, Sabtu 27 April 2019.

Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Surabaya Miftakhul Gufron mengatakan, sejauh ini dirinya telah mempersiapkan mulai dari Sumber Daya Manusia (SDM), pendanaan khusus PSU, dan logistik.

“Surat C6 juga sudah kami serahkan ke petugas Panitia Pemungutan Suara Kecamatan (PPK), untuk TPS 28 dan TPS 11 sore sudah terkirim semua logistiknya,” kata Gufron saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat 26 April 2019.

BACA JUGA: KPU Surabaya Beri Santunan Keluarga KPPS yang Meninggal

Sebelumnya, KPU Surabaya juga melakukan sosialisasi kepada masyarakat sekitar yang akan diselenggarakannya PSU. Gufron menjelaskan, sosialisasi tersebut menggunakan pengumuman lisan maupun selembaran kertas yang tertempel di balai RT/RW setempat.

Pelaksanaan PSU kali ini, dirinya telah melakukan imbauan kepada Ketua PPK agar masyarakat bisa menggunakan hak suaranya.

“Misalkan tingkat pemilihan kemarin kurang dari 70 atau 80 persen, ya kalau bisa pada saat PSU bisa lebih dari itu tingkat partisipasinya,” katanya.

BACA JUGA: Dua TPS di Surabaya Gelar PSU 27 April Mendatang

Sekadar diketahui, PSU yang diselenggarakan di TPS 11 Kecamatan Lakarsantri, Kelurahan Lidah Kulon untuk pemilihan DPR RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota.

Sedangkan di TPS 28 Kecamatan Gunung Anyar, Kelurahan Rungkut Menanggal, PSU digelar terkait Pilpres, DPR RI, DPD, dan DPRD Provinsi. Jumlah DPT di TPS 28 berjumlah 296 dan di TPS 11 sebanyak 289 pemilih.

Menurut Gufron, PSU di Gunung Anyar dilakukan akrena ditemukan adanya enam pemilih yang tidak berhak memilih di TPS 28 tanpa menggunakan form A5.

Sedangkan di Kecamatan Lakarsantri ditemukan adanya pemilih yang menggunakan form A5 yang semestinya dapat dua surat suara tapi diberi petugas lima surat suara.

BACA JUGA: Pemkot Surabaya Turunkan Tim Medis Selama PSU Berlangsung

Ia menambahkan, untuk pengamanan PSU di dua TPS tersebut, KPU telah berkoordinasi dengan Polsek setempat dan PPK untuk mengawal pengiriman logistik hingga selesainya pemungutan suara.

“Ini menjadi perhatian khusus di kedua TPS yang menyelanggarakan PSU ini. Kesiapan petugasnya juga sudah kami pastikan dalam kondisi sehat, agar tidak lagi terjadi adanya kelelahan saat penghitungan suara,” kata dia.

Ia mengingatkan kepada Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan PPK untuk mematuhi peraturan yang ada agar proses pemilihan berjalan lancar tanpa hambatan.

Baca Juga

loading...