Kenali Gejala Herpes dan Pencegahannya

Anang Zakaria

Sabtu, 8 Juni 2019 - 15:43

JATIMNET.COM, Surabaya - Kebanyakan orang menganggap remeh herpes. Padahal, infeksi herpes sangat berbahaya dan mudah menular. Segera periksakan diri ke dokter jika menemui gejalanya di tubuh Anda.

Di dunia kedokteran, terdapat dua jenis herpes, yakni herpes simplex serta herpes zoster. Herpes simpleks merupakan gangguan atau infeksi pada kulit dan atau alat kelamin, disebabkan HSV (virus herpes simpleks). Sementara herpes zoster merupakan infeksi pada kulit (termasuk kelamin) dan membran selaput lendir atau mukosa akibat VVZ (virus varisela zoster).

Herpes simpleks memiliki nama lain, seperti cold sore, herpes digitalis, herpes simplex, genital herpes atau herpes genitalis, herpes febrilis, herpes gladiatorum, herpes labialis, herpes progenitalis, fever sore, oral herpes, fever blister.

Penyebab herpes simpleks adalah HSV tipe 1 atau 2. HSV yang tergolong virus DNA ini dinamakan pula Herpes virus hominis. Faktor pencetusnya trauma (fisik dan psikis), kelelahan, stres, koitus berlebihan, kurang tidur, gangguan saluran pencernaan, menstruasi, peningkatan suhu tubuh (demam), makanan atau minuman yang merangsang, alkohol, dan obat-obatan (golongan imunosupresif, kortikosteroid).

BACA JUGA: Perhatikan Kondisi Tubuh Melalui Kesehatan Mulut dan Gigi

Adapun herpes zoster dikenal juga dengan cacar ular, dompo, shakes, shingles. Herpes jenis ini sebenarnya dapat sembuh dengan sendiri (swasirna). Tapi, agar gejala herpes tak bertambah parah dan menimbulkan komplikasi, perlu perawatan efektif sesuai petunjuk dokter.

Herpes zoster umumnya kelanjutan dari cacar air. Jika menyerang mata, dinamakan herpes zoster oftalmikus dan dapat menyebabkan kehilangan penglihatan. Infeksi VVZ berpotensi menyebar ke otak, hati, atau paru-paru.

Selain itu, dikenal pula istilah Sindrom Ramsay-Hunt. Ini bentuk khusus herpes zoster yang bercirikan muka perot, kelainan kulit, telinga berdenging, vertigo, mual, gangguan pendengaran, dan pengecapan.

Gejala

Masa inkubasi herpes simpleks berkisar 2-12 hari. Munculnya vesikel (gelembung berdiameter kurang dari 1 cm, berisi cairan serum) di kulit dengan didahului rasa terbakar dan gatal. Terkadang disertai demam, rasa tak enak badan, selera makan menurun atau menghilang, dan nyeri otot. Selain itu, kelenjar limfe regional dapat membengkak.

BACA JUGA: Berikut Delapan Fakta tentang Penyakit Kanker Darah

Herpes zoster memiliki masa tunas 7-12 hari. Sering mengenai wajah, batang tubuh, termasuk dada. Lesi-lesi baru tetap timbul selama kira-kira seminggu. Ada riwayat menderita cacar air di masa anak. Dibandingkan herpes simpleks, herpes zoster boleh jadi lebih parah dan cenderung lebih lama pada orang dewasa.

Gejala awal biasa didahului gejala prodromal, berupa gejala seperti flu, demam, pusing atau nyeri kepala, selera makan berkurang atau menghilang, rasa tidak enak badan atau badan terasa lemas. Gejala prodromal ini dapat terjadi sampai satu minggu sebelum timbul ruam di kulit.

Pencegahan

Ada beberapa upaya preventif agar tidak terkena herpes simpleks. Misalnya: menghindari stres, jangan sampai kelelahan, stop konsumsi alkohol, menjauhi makanan yang merangsang, hindari variasi hubungan seksual yang "aneh-aneh".

Abstinensia atau "puasa" berhubungan seks, penggunaan kondom, edukasi, dan konseling penderita diperlukan untuk mengurangi risiko penularan herpes genital.

BACA JUGA: Ini Lima Manfaat Tidur Telanjang

Untuk mencegah herpes zoster, dokter atau ahli dermatologi akan merekomendasikan pemberian vaksin. Vaksin herpes zoster (Zostavax) dari virus hidup yang dilemahkan, efektif untuk mencegah herpes zoster dan NPH. Sebaiknya diberikan untuk usia minimal 60 tahun atau lebih. Kortikosteroid juga direkomendasikan dokter untuk mencegah NPH.

Artikel ini disarikan dari tulisan berjudul “Strategi Sukses Menghilangkan Herpes” di Kantor Berita Antara, Sabtu 8 Juni 2019. Ditulis oleh dr Dito Anurogo MSc. Ia duta literasi Sulawesi Selatan 2019, penulis "The Art of Medicine" (Gramedia), dan dosen tetap FKIK Unismuh Makassar.

Baca Juga

loading...