Berikut Delapan Fakta tentang Penyakit Kanker Darah

Hari Istiawan

Minggu, 2 Juni 2019 - 14:58

JATIMNET.COM, Surabaya – Ani Yudhoyono, istri Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono meninggal dunia, Sabtu 1 Juni 2019, di National University Hospital Singapura. Ia sebelumnya menjalani pengobatan sakit kanker darah sejak bulan Februari 2019.

Mengutip Boldsky.com, kanker adalah penyakit di mana terdapat multiplikasi sel yang abnormal, yang mengakibatkan kerusakan jaringan dan organ vital tubuh, menyebabkan banyak gejala.

Sebagian besar jenis kanker berakibat fatal. Beberapa jenis kanker yang paling mematikan adalah kanker payudara, kanker prostat, kanker kulit (melanoma), kanker darah (leukemia). Berikut adalah delapan fakta tentang Leukemia (kanker darah).

BACA JUGA: SBY Ceritakan Perjuangan Terakhir Ani Yudhoyono Lawan Kanker

Fakta pertama

Leukemia adalah jenis kanker yang mempengaruhi sel-sel darah, terutama sel-sel darah putih dan biasanya berasal dari penggandaan sel-sel darah yang abnormal dalam sumsum tulang.

Fakta kedua

Ada dua bentuk leukemia, bentuk akut dan bentuk kronis dan pengobatan untuk kedua bentuk sangat bervariasi.

Fakta ketiga

Dikatakan bahwa leukemia lebih banyak mempengaruhi pria daripada wanita. Pria memiliki 31 persen lebih banyak peluang terkena penyakit ini dibandingkan dengan wanita.

BACA JUGA: Cerita Khofifah Kenang Mendiang Ani Yudhoyono

Fakta keempat

Leukemia bukanlah jenis kanker yang sangat umum terlihat, karena hanya 35 orang dari 1 juta orang yang terkena penyakit ini setiap tahun, dan 5 dari 35 orang yang terkena adalah anak-anak.

Fakta kelima

Leukemia diketahui sebagai penyebab nomor satu kematian terkait kanker pada anak-anak di bawah usia 14 tahun.

Fakta keenam

Merokok dikenal sebagai salah satu penyebab utama terjadinya leukemia pada orang dewasa.

BACA JUGA: Sosok Ani Yudhoyono di Mata Pengurus Partai Demokrat Jatim

Fakta ketujuh

Sering kali, pasien dengan jenis kanker darah tertentu tidak menunjukkan gejala apa pun sampai tahap akhir, membuat perawatan sangat sulit.

Fakta kedelapan

Orang-orang yang bekerja dengan bahan kimia seperti formaldehyde dan orang-orang yang terpapar radiasi jenis tertentu secara teratur lebih rentan terkena leukemia.

Baca Juga

loading...