Cerita Khofifah Kenang Mendiang Ani Yudhoyono

Baehaqi Almutoif

Sabtu, 1 Juni 2019 - 20:21

JATIMNET.COM, Surabaya - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengenang sosok mendiang istri Presiden ke 6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Ani Yudhono sebagai figur istri yang mendukung perjuangan suami.

"Ibu Ani selama 10 tahun menjadi ibu negara hampir tidak punya jadwal agenda sendiri kecuali di Jakarta. Jadi jika ada jadwal keluar kota ya itu adalah jadwal mendampingi Pak SBY. Kemana Pak SBY bertugas maka Ibu Ani ikut mendampingi," ujar Khofifah, Sabtu 1 Juni 2019.

Khofifah punya pengalaman yang tidak terlupakan, bagaimana kesetiaan almarhumah Ani Yudhoyono kepada sang suami. Saat itu SBY dan Khofifah masih menjabat menteri di kabinet Presiden ke 4 RI Abdulrahman Wahid.

BACA JUGA: Keinginan Terakhir SBY Pada Mendiang Ani Yudhoyono

Mantan menteri pemberdayaan perempuan itu ingat, ketika Ani Yudhoyono mengirimkan pesan untuk Khofifah melalui seorang ajudan. Saat itu Khofifah sedang rapat bersama Pak SBY ketika menjadi Menteri Koordinator Bidang Politik, Sosial, dan Keamanan.

"Bu Ani kebetulan telpon saat saya di Kantor Menkopolhukam. Sambil joke beliau sampaikan. Tolong sampaikan ke bapak kalau saya selalu menunggu dengan sabar di rumah," kata Khofifah mengutip pesan Ani Yudhoyono kepadanya.

Pesan yang disampaikan langsung oleh Khofifah itu, lantas disambut tawa SBY dan wartawan yang hadir. "Jadi betapa seorang istri itu luar biasa memberikan support psikologis dan doa atas suksesnya suami," imbuhnya.

BACA JUGA: Ani Yudhoyono Tutup Usia

Atas wafatnya ibu Ani Yudhoyono, Gubernur Khofifah menyampaikan duka dan bela sungkawa. Ia juga mendoakan agar almarhumah Ani Yudhoyono meninggal dunia dalam keadaan khusnul khotimah.

"Sekali lagi saya mengajak seluruh warga Jawa Timur untuk mari bersama salat gaib di masjid dan musala terdekat saat rangkaian salat tarawih. Khusus masyarakat Surabaya dan sekitarnya saya mengajak salat gaib di masjid Al Akbar nanti malam sembari salat tarawih berjamaah," kata Khofifah.

Baca Juga

loading...