Perhatikan Kondisi Tubuh Melalui Kesehatan Mulut dan Gigi

Rochman Arief

Rabu, 5 Juni 2019 - 09:09

JATIMNET.COM, Surabaya – Mendeteksi berbagai penyakit dalam tubuh tidak harus mahal. Tidak perlu ke laboratorium. Cukup mendeteksi melalui kesehatan mulut dan gigi.

Dokter gigi di Wimpole Street London, Richard Marques menyebut menjaga kesehatan mulut seperti halnya memperhatikan kesehatan kulit. Sangat penting mengetahui tanda-tanda kesehatan melalui kesehatan di mulut.

Kepada Express.co.uk, dia menyebut tujuh gangguan kesehatan yag bisa diketahui melalui kesehatan mulut. Berikut adalah tanda-tandanya.

BACA JUGA: Kunyit Ampuh Memutihkan Gigi

Bisul Mulut

Sariawan atau bisul mulut bisa disebabkan reaksi makanan tertentu. Semisal pedas dan panas. Sebetulnya sariawan bisa disebabkan karena kekurangan vitamin. Jika sariawan itu terjadi secara teratur, ada baiknya memeriksakan ke dokter.

Richard Marques menyarankan agar melakukan tes darah. Selain itu, perlu mengubah pola makan sekaligus mengonsumsi vitamin. Sebab ketidakseimbangan vitamin bisa menyebabkan sariawan.

Bau Mulut

Bau mulut bisa mengindikasikan masalah kesehatan mendasar yang terkait dengan lambung. Semisal disebabkan refluks asam lambung, bakteri, dan senyawa yang mengandung sulfur dari lambung.

Salah satua yang perlu dilakukan adalah menyikat lidah dan gunakan obat kumur. Jika langkah tersebut tidak berhasil, pertanda ada salah di mulut, dan segerakan ke dokter.

Ilustrasi Foto: Lesly Suarez/ Unsplash.com

Gusi Berdarah

Gusi yang berdarah dapat diindikasikan ada penyakit gusi. Tetapi masalah itu menjadi gangguan kesehatan yang paling mendasar. Bisa jadi karena diabetes atau yang lebih serius, HIV.

Gusi yang berdarah bisa dikarenakan lemahnya sistem kekebalan tubuh. Dalam kasus minor menjadi masalah yang lebih seserius. Namun Marques mengatakan masalah tersebut jarang terjadi.

Pembengkakan

Pembengkakan seperti abses dan infeksi mengindikasikan bahwa sistem kekebalan tubuh rendah. Setidaknya perlu memeriksakan sistem kekebalan dan sel darah putih.

BACA JUGA: Cara Mencegah Karies Gigi pada Anak Down Syndrome

Gusi Bengkak

Gusi yang bengkak bisa dihubungkan dengan perubahan hormon. Sebab hormon yang tidak stabil, mengganggu peningkatan pembuluh darah ke rahim. Perlu diperiksakan ke dokter untuk mengetahui gangguan lebih detail.

Ilustrasi Foto: Conversation

Gigi Lepas

Tanggalnya gigi kelihatannya sepele. Seperti halnya gusi, tanggalnya gigi menandakan keroposnya tulang karena osteoporosis atau rendahnya pasokan kalsium ke dalam tubuh.

Sakit Mulut

Sakit pada mulut bisa menjadi indikator lain. Marques menerangkan bisa jadi karena efek minum obat dan alergi makanan. Semisal gluten, laktosa, makanan pedas, atau seafood.

Baca Juga

loading...