Cara Mencegah Karies Gigi pada Anak Down Syndrome

Khoirotul Lathifiyah

Rabu, 3 April 2019 - 21:37

JATIMNET.COM, Surabaya - Kesehatan gigi sangat dibutuhkan oleh setiap orang khususnya anak-anak down syndrome. Pasalnya, pertumbuhan maupun ukuran gigi anak down syndrome berbeda dengan anak normal lainnya.

"Nah biasanya beberapa masalah gigi yang timbul pada anak down syndrome adalah karies gigi," kata Dokter Spesialis Gigi Tania Saskianti RS. Gigi dan Mulut Universitas Airlangga (Unair) melalui rilis yang diterima Jatimnet.com, Rabu 3 April 2019.

Karies gigi merupakan kondisi munculnya lubang pada gigi yang disebabkan oleh bakteri. Tania mengungkapkan ada cara khusus untuk penanganannya. Ia memberikan beberapa cara mencegah karies pada anak down syndrome.

BACA JUGA: Tuan Tuan Gunakan Kawat Gigi Pertama di Dunia

"Pertama, mulai menyikat gigi dengan pasta gigi berfluoride saat gigi pertama kali tumbuh," katanya.

Anak Down Syndrome dianjurkan untuk ke dokter gigi paling lambat 6 bulan setelah gigi pertama tumbuh dan tidak lebih dari usia 12 tahun. Kedua hindari snack dan minuman manis berkarbohidrat diantara waktu makan.

Dan gunakan obat kumur untuk menjaga kesehatan mulut sekaligus memaksimalkan kebersihan saat anak down syndrome sikat gigi.
"Caranya celupkan sikat gigi anak pada obat kumur, selain kebersihan ini juga bisa sebagai penganti pasta gigi bagi anak yang tidak toleran terhadap pasta gigi," jelasnya.

BACA JUGA: Kunyit Ampuh Memutihkan Gigi

Lalu membersihkan gigi anak down syndrome dengan flossing (membersihkan sela-sela gigi dengan menggunakan benang atau dental floss), tutur Tania.

"Flossing akan membantu melindungi jari saat ingin membersihkan gigi anak down syndrome, sehingga tangan tidak kontak langsung dengan mulut dan menghindari masuknya bakteri di mulut," tambahnya.

Tania menyarankan agar orangtua memperhatikan kesehatan gigi anak down syndrome dengan semaksimal mungkin untuk mendorong tumbuh kembang anak. Karena anak down syndrome cenderung memiliki kondisi gigi seperti akar gigi pendek, bentuk gigi kecil dan gigi runcing.

Baca Juga

loading...