Kemenag Lakukan Rukyatul Hilal di 102 Titik di Indonesia

Hari Istiawan

Minggu, 5 Mei 2019 - 12:17

JATIMNET.COM, Jakarta – Kementerian Agama Republik Indonesia melakukan rukyatul hilal di 102 titik yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia, Minggu 5 Mei 2019.

Selanjutnya, Kemenag akan melangsungkan sidang isbat penentuan awal Ramadan 1440 H, pada pukul 17.00 WIB.

“Sidang akan dilaksanakan di Auditorium HM. Rasjidi, Gedung Kementerian Agama Jln M.H Thamrin, Jakarta,” Direktur Jenderal Bimas Islam Muhamadiyah Amin, dikutip dari laman Kemenag, 5 mei 2019.

BACA JUGA: Kota Madiun Gelar Pawai Obor Sambut Bulan Ramadan

Menurutnya, sidang akan dimulai dengan pemaparan posisi hilal awal Ramadan oleh Tim Falakiyah Kementerian Agama.

Usai pemaparan, juga akan melaporkan hasil data hisab dan pantauan rukyatul hilal yang telah dilakukan oleh Tim Kemenag di seluruh Indonesia. "Kita melakukan pantauan Rukyatul Hilal di 102 titik di Indonesia," tuturnya.

BACA JUGA: Tradisi dan Budaya Sambut Ramadan di Penjuru Dunia

Berdasarkan hasil tersebut, sidang yang terdiri dari unsur Kementerian Agama, DPR, MUI, Ormas-ormas Islam, serta perwakilan negara sahabat, akan memutuskan kapan dimulainya awal Ramadan. Proses sidang ini akan dilaksanakan secara tertutup.

"Keputusan sidang itu akan disampaikan dalam konferensi pers yang dilakukan oleh Menteri Agama, DPR, serta MUI. Kita jadwalkan pukul 19.00 sudah bisa dilakukan konferensi pers," ujar Amin.

Baca Juga

loading...