Jembatan yang Ambles di Caruban Sudah Bisa Dilewati Pemudik

Nd. Nugroho

Reporter

Nd. Nugroho

Jumat, 31 Mei 2019 - 21:15

JATIMNET.COM, Madiun - Jembatan penghubung tiga kecamatan di Jalan Pattimura, Caruban, Kabupaten Madiun, Jawa Timur yang ambles pada 17 April lalu sudah difungsikan secara darurat pada masa arus mudik dan balik Lebaran.

Para pengendara dari arah Kecamatan Mejayan dapat melintasinya menuju Pilangkenceng dan Saradan. Begitu pula dari arah sebaliknya.

"Untuk sementara hanya bisa dilalui mobil pribadi dan sepeda motor," kata Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Madiun Kurnia Aminulloh, Jumat 31 Mei 2019.

BACA JUGA: Waspadai Tiga Titik Rawan Macet di Jalur Mudik Madiun

Saat dioperasionalkan sejak hari ini hingga pertengahan Juni mendatang, jembatan tidak dibuka untuk truk maupun kendaraan berat lain. Bagi pengemudi kendaraan jenis itu dari arah Ngawi menuju Surabaya diarahkan lewat Jalan Diponegoro yang tembus Jalan Panglima Sudirman (jalur arteri Madiun-Surabaya).

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Madiun Arnowo Widjaja menuturkan, masih diterapkannya pengalihan jalur bagi truk dan kendaraan berat lain karena proses perbaikan jembatan belum kelar seratus persen.

Penanganan yang dilakukan selama beberapa hari ini hanya untuk mengejar kelancaran arus mudik dan balik Lebaran. "Masih sementara dan setelah Lebaran proyeknya akan diteruskan," ujarnya.

BACA JUGA: Lebaran, Daop 7 Madiun Luncurkan Dua Kereta Tambahan

Selama satu bulan ini, Arnowo menjelaskan proses pekerjaan dikebut seperti penggalian dasar jembatan, pengecoran, pengurukan, dan pengaspalan. Setelah arus lalu lintas di jalur yang biasa digunakan untuk truk itu kembali ditutup, maka beberapa bagian kembali dibongkar. Ini untuk pembuatan plat injak yang rusak sehingga mengakibatkan jembatan ambles.

Kerusakan itu, kata dia, disebabkan karena banjir yang terjadi pada Maret lalu. Plengsengan di samping tiang konstruksi jembatan tergerus. Air yang alirannya tersumbat sampah berupa ranting bambu mengikis bangunan infrastruktur tersebut hingga akhirnya plat injak ambles.

Baca Juga

loading...