Jemaah Masjid Baitu Ilmin Girilaya Sumbang Warga Gaza

Khoirotul Lathifiyah

Selasa, 14 Mei 2019 - 15:58

JATIMNET.COM, Surabaya – Jemaah Masjid Baitu Ilmin Jalan Girilaya Nomor 68 Surabaya dan Yayasan Yatim Mandiri menyumbang Rp 8,5 juta untuk membantu warga Jalur Gaza Palestina. Pasalnya saat ini warga Gaza membutuhkan bantuan baik sandang, pangan, maupun papan.

Pengurus Ketakmiran Sekretaris Masjid Baitu Ilmin, Awan Priyogo menyampaikan pihaknya sudah membuka donasi sejak Minggu 12 Mei 2019 untuk membantu warga Gaza Palestina.

“Alhamdulillah banyak yang menyumbang dan membantu warga Palestina,” kata Awan saat dikonfirmasi melalui telepon selulernya, Selasa 14 Mei 2019.

Ia menyampaikan jemaah Masjid Baitu Ilmin merasa istimewa bisa membantu warga Gaza dan bertemu langsung dengan ulama dari Gaza, Syeikh Ahmed Diyab Muslim Rafee.

BACA JUGA: Warga Palestina Harapkan Bantuan Indonesia Bebaskan Negaranya

Awan menyampaikan dengan bertemu langsung dengan ulama tersebut, banyak masyarakat yang mengerti cobaan yang dialami warga Gaza.

“Berdasarkan penceramah, situasinya cukup darurat dan mereka membutuhkan bantuan dari segala aspek, baik tempat tinggal, makanan, sampai kebutuhan sehari-hari untuk anak-anak,” kata dia.

Dia juga menyampaikan jemaah subuh yang hadir meramaikan safari dakwah ini kurang lebih mencapai 400-an. Dan semuanya antusias untuk memperhatikan dan membantu Syeikh Rafee.

BACA JUGA: Indonesia Tak Akan Melupakan Palestina

Menurutnya, dengan mendengarkan petuah dan pengalaman langsung dari warga Gaza jemaah masjid Baitu Ilmin dapat mengambil hikmahnya. Bahwa warga Indonesia khususnya Kota Surabaya bisa melakukan ibadah dengan tenang dan bebas gangguan.

“Karena Syeikh Rafee mengatakan, terkadang untuk melakukan ibadah di bulan Ramadan saja harus sembunyi-sembunyi dan bahkan dibubarkan,” kata Awan.

Hal tersebut diungkapkan dan dialami langsung Syeikh Rafee, lanjut Awan. Syeikh Rafee mengalami tiga kali perang di Gaza, yakni mulai pada tahun 2004, 2010 hingga 2014.

BACA JUGA: ACT Distribusikan Bantuan Paket Berbuka Puasa di Sekitar Gaza

Awan berharap masyarakat Indonesia dampat membantu umat manusia yang membutuhkan. Selain itu, ia juga berpesan agar warga Palestina mendapatkan mukjizat dari Allah SWT pada bulan berkah ini.

Sementara itu, dalam kesempatan memberikan ceramah pada Selasa 14 Mei 2019 Pukul 05.00 WIB, Syeikh Rafee mengungkapkan sangat berterima kasih kepada warga Indonesia, khususnya warga Surabaya yang peduli Gaza. Syeikh Rafee juga mengingatkan kepada jemaah agar tetap membaca Alquran dimana pun kondisi.

“Karena semua situasi dan upayamu yang tetap menjaga adalah Alquran sebagai kekuatan di dunia, keep brotherhood muslimin di dunia,” katanya saat memberikan ceramah di Baitu Ilmin Surabaya.

Baca Juga

loading...