H-5 Lebaran, Jumlah Pemudik dari Bali Turun

Ahmad Suudi

Reporter

Ahmad Suudi

Sabtu, 1 Juni 2019 - 17:17

JATIMNET.COM, Banyuwangi - Jumlah kendaraan roda dua dan empat yang melakukan penyeberangan di Selat Bali justru mengalami penurunan pada H-5, Jumat 31 Mei 2019. Data dalam laporan produksi harian PT ASDP Ketapang Banyuwangi menunjukkan penurunan untuk jumlah penumpang, kendaraan roda dua, maupun kendaraan roda empat.

Penurunan tidak hanya terjadi pada arus penyeberangan dari Bali ke Jawa, namun juga pada arus sebaliknya. Hal serupa juga terjadi di hari yang sama pada masa angkutan mudik tahun sebelumnya.

BACA JUGA: Volume Penumpang Penyeberangan Ketapang H-7 Lebaran Masih Tinggi

Misalnya pada H-5 Lebaran tahun ini jumlah penumpang dari Bali ke Jawa 22.325 orang dan arah sebaliknya 13.557 orang. Padahal pada H-6 Lebaran jumlah penumpang dari Bali ke Jawa 56.291 orang dan 26.367 orang untuk arah sebaliknya.

Kemudian kendaraan roda dua dari Pelabuhan Gilimanuk Bali ke Pelabuhan Ketapang Banyuwangi berjumlah 4.123 unit dan sebaliknya 497 unit. Padahal H-6 jumlahnya 11.402 unit dari timur ke barat dan 788 unit untuk arah sebaliknya.

Kendaraan roda empat pada Kamis 30 Mei 2019, berjumlah 6.157 dari Gilimanuk ke Ketapang dan 4.645 unit dari arah sebaliknya. Namun hari berikutnya berjumlah 2.730 kendaraan dari Bali ke Jawa dan 2.285 unit dari arah sebaliknya.

Herlin yang melakukan perjalanan mudik bersama suaminya mengatakan baru pulang H-4 karena sebelumnya masih harus bekerja. Dengan kendaraan umum dia berencana melanjutkan perjalanan ke kampung halaman di Surabaya dari Pelabuhan Ketapang.

BACA JUGA: Jelang Lebaran, Ketapang-Gilimanuk Tambah Loket Online

"Biar tidak terlalu lama di kampung halaman. Bisanya pulang juga baru sekarang," kata Herlin yang bekerja di bagian laundry sebuah hotel di Ubud, Bali, Sabtu 1 Juni 2019.

Pantauan Jatimnet di lapangan, kapal-kapal yang datang ke Ketapang dari Gilimanuk pada H-4 dipenuhi kendaraan. Pada masing-masing kapal juga nampak penumpang ramai berdiri di geladak atas untuk menikmati perjalanan menyeberangi Selat Bali.

Baca Juga

loading...