Jelang Lebaran, Ketapang-Gilimanuk Tambah Loket Online

Ahmad Suudi

Reporter

Ahmad Suudi

Rabu, 29 Mei 2019 - 07:49

JATIMNET.COM, Banyuwangi - PT ASDP Ketapang menambahkan sejumlah pintu loket online di Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, dan Pelabuhan Gilimanuk, Bali. Sebanyak 10 loket baru ditambahkan di Ketapang dan 11 loket di Gilimanuk. Sejumlah loket baru di dua pelabuhan ini telah siap beroperasi.

"Memang kami prioritaskan di Gilimanuk dahulu karena di hari sebelum puncak mudik dari seberang ke sini (Bali ke Banyuwangi)," kata General Manager PT ASDP Ketapang Fahmi Alweni setelah mengikuti apel gelar pasukan Operasi Ketupat Semeru 2019, di halaman Pelabuhan Ketapang, Selasa 28 Mei 2019.

BACA JUGA: Hadapi Mudik Lebaran, Polres Banyuwangi Siapkan Pengamanan Angkutan Umum

Dia mengatakan petugas telah mengecek loket-loket dengan sistem online di Gilimanuk dan dinyatakan siap melayani masyarakat. "Kami sudah lakukan ramp check dan uji coba sistem IT di loket-loket itu. Sudah selesai, sudah berjalan dengan baik," katanya.

Sementara di Ketapang, loket baru diperkirakan siap beroperasi 2 hingga 3 hari kemudian. Di halaman depan kantor ASDP Ketapang bisa dilihat, ada pengerjaan tiga pintu loket yang belum rampung.

Sementara pada H-8 ini, kata Fahmi, sudah terasa peningkatan penyeberangan dari Bali ke Jawa. Kenaikan jumlah penyeberang dari Gilimanuk ke Banyuwangi terjadi pada kendaraan roda dua, roda empat, bus dan kendaraan pribadi.

BACA JUGA: Angkasa Pura I Perkirakan Jumlah Penumpang Turun 22 Persen

Namun peningkatan belum begitu besar bila dibandingkan jumlah penyeberangan hari normal. Sedangkan dari Ketapang ke Banyuwangi, penyeberangan didominasi kendaraan truk angkutan barang.

"Namun belum begitu besar bila dibandingkan jumlah penyeberangan hari normal (dari Bali ke Banyuwangi)," kata Fahmi.

Baca Juga

loading...