Hadapi Mudik Lebaran, Polres Banyuwangi Siapkan Pengamanan Angkutan Umum

Ahmad Suudi

Selasa, 28 Mei 2019 - 19:50

JATIMNET.COM, Banyuwangi - Kepolisian Resor Banyuwangi telah menyiapkan pengamanan angkutan umum selama arus mudik dan balik Lebaran 2019. Hal ini disampaikan Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Banyuwangi AKBP Taufik Herdiansyah Zeinardi usai apel gelar pasukan Operasi Ketupat Semeru 2019 di halaman Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, Selasa 28 Mei 2019.

Sejumlah pos pengamanan dan pelayanan itu berada di pusat-pusat angkutan umum di Banyuwangi, seperti Pelabuhan Ketapang, Bandara Banyuwangi, terminal dan stasiun kereta api.

"Itu sudah kami siapkan pos-pos pengamanan dan pos pelayanan. Jadi sudah semua tersebar di sana," kata Taufik.

BACA JUGA: Lebaran, RSUD Dr.Soetomo Layani Pasien JKN-KIS Semua Wilayah

Operasi Ketupat Semeru digelar selama 13 hari mulai besok, Rabu 29 Mei 2019 hingga Senin 10 Juni 2019. Selain pusat angkutan umum, polisi juga melakukan pengamanan di tempat ibadah, pasar tumpah, jalan umum rawan bencana, pusat perbelanjaan dan sejumlah tempat lainnya.

Dia mengatakan sebanyak 1200 personel Polres Banyuwangi dan bantuan dari Mabes Polri dan Polda Jatim berjaga di 24 pos pengamanan di seluruh kecamatan di Banyuwangi.

Taufik mengatakan evaluasi Operasi Ketupat Semeru tahun lalu menunjukkan kualitas yang meningkat dari tahun-tahun sebelumnya. Dia berharap tahun ini operasi pengamanan dilaksanakan dengan semangat lebih tinggi untuk mendapatkan hasil terbaik.

BACA JUGA: Angkasa Pura I Perkirakan Jumlah Penumpang Turun 22 Persen

"Sebelum hari H kita fokus arus mudik dari Bali ke Jawa. Setelah hari H kita amankan arus balik," katanya.

Di tingkat nasional, kata Taufik, obyek pengamanan dalam operasi ini di antaranya, 898 terminal, 379 stasiun, 592 pelabuhan, 212 bandara, 3.097 pusat perbelanjaan, 77 ribu lebih masjid, 3.500 Obyek wisata.

Apel pengamanan masa lebaran 2019 melibatkan personil kepolisian, TNI, Dinas Perhubungan (Dishub) Banyuwangi, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyuwangi, Puskesmas, pegawai pelabuhan, satpam hingga Organisasi Amatir Radio Indonesia (Orari).

Baca Juga

loading...