JATIMNET.COM, Surabaya - Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf hingga malam pamit diri purna tugas, Senin 11 Februari 2019, tidak terlihat di Gedung Negara Grahadi. Ia tak terlihat di kursi tamu.

Gubernur Jawa Timur Soekarwo di sela-sela sambutannya menyebut Gus Ipul, sapaan akrab Saifullah Yusuf, masih ada tugas yang belum diselesaikan. “Pak Wagub ada tugas khusus yang belum selesai,” ujar Soekarwo.

Didampingi istri Nina Soekarwo, Pakde Karwo, sapaan karib Soekarwo mengucapkan salam perpisahan. “Saya mohon pamit. Saya mohon maaf mungkin ada maksud saya baik tapi keluru mengutarakan saya mohon maaf,” jelasnya.

BACA JUGA: Pakde Karwo Minta Maaf ke Masyarakat Jatim

Acara yang dihadiri seluruh forum komunikasi pimpinan daerah (forkompimda), bupati dan wakil bupati, wali kota dan wakil wali kota, serta pimpinan dan anggota DPRD Jawa Timur tersebut dimeriahkan oleh Ari Laso.

Laksamana Muda TNI Wintoro Yulianto Panglima Komando Armada II menyampaikan kesannya selama bertugas di Jawa Timur. Menurutnya, Pakde Karwo dan Gus Ipul merupakan pemimpin yang murah senyum.

BACA JUGA: Lengser Jadi Wagub Jatim, Gus Ipul Mau Jadi Petani

Sementara Inspektur Jenderal Polisi Luki Hermawan Kapolda Jawa Timur mengatakan, banyak yang didapat dari sosok Pakde Karwo. Satu pesan yang diingatnya ketika pertama kali menjabat sebagai Kapolda Jawa Timur, ia diminta sowan ke kiai. “Saya lakukan, langsung keliling ke pesantren-pesantren,” kata Luki.

Di Jawa Timur, lanjutnya, suasananya sangat adem. Semua penyelesaian dilakukan secara musyawarah. “Saya langsung kenapa gak dari dulu saya jadi Kapolda,” tuturnya sembari tersenyum.