JATIMNET.COM, Surabaya – Pemandangan di terminal penumpang Pelabuhan Tanjung Perak tidak seperti biasanya. Sejumlah wisatawan asing berlomba-lomba turun dari taxi, mobil pribadi yang disewa, bus travel, maupun kendaraan lainnya.

Mereka tergesa-gesa untuk memasuki kapal pesiar (cruise) Genting Dream yang sejak pagi sudah sandar di terminal Jamrud Utara, Pelabuhan Tanjung Perak. Kapal tersebut sandar Selasa 20 Oktober 2018, sekitar pukul 06.45 WIB.

Tepat pukul 15.45 WIB lambaian tangan dari balik jendela kapal maupun dari de katas kapal terlihat dengan jelas menyampaikan salam perpisahan kepada warga Surabaya yang memadati balkon Surabaya North Quay, Pelabuhan Tanjung Perak.

Humas Pelindo III Region Jawa Timur Wilis Aji kepada Jatimnet.com menyatakan kapal tersebut membawa sekitar 2.339 penumpang yang terdiri dari berbagai negara seperti dari India, Cina, Hong Kong, Malaysia, Singapura, dan negara lain.

“Kapal Genting Dream ini sudah beberapa kali singgah di Tanjung Perak, dan penumpangnya selalu melakukan wisata kota (city tour) di Surabaya maupun ke beberapa daerah wisata di sekitar Jatim,” kata Wilis Aji ketika dihubungi melalui telepon selulernya.

Dia menambahkan, selepas penyambutan yang dilakukan Dinas Pariwisata Surabaya, beberapa penumpang kapal Genting Dream ada yang mengikuti wisata ke Trowulan Mojokerto.

Sedangkan wisatawan yang tidak mengikuti tour, lebih memilih berkeliling ke mall, museum, maupun menyaksikan gedung-gedung bersejarah di Surabaya menggunakan transportasi umum.

“Kami, selaku penyedia jasa kepalabuhanan ingin memaksimalkan pelayanan agar ke depan lebih banyak kapal pesiar yang akan sandar di Pelabuhan Tanjung Perak,” lanjut Wilis.

Salah satu upaya yang dilakukan adalah meningkatkan kesiapan penyambutan dan memberikan fasilitas bersandarnya kapal dan terminal penumpang yang representatif untuk penumpang kapal laut pada umumnya.

Sejalan dengan itu, Wilis mengakui akan ada dua kapal pesiar lagi yang akan sandar di Pelabuhan Tanjung Perak di bulan November ini. Adapun jadwal kedatangan kapal cruise antara lain MS Viking Orion 28 November dan MS. Seabourn Encore tanggal 30 November yang masing-masing dijadwalkan sandar pukul 08.00 WIB.