JATIMNET.COM, Termas de Rio Hondo – Dua pebalap Yamaha dari tim yang berbeda, Maverick Vinales (Monster Energy Yamaha) dan Franco Morbidelli (Petronas Yamaha SRT) mengabaikan senggolan yang menyebabkan keduanya jatuh.

Keduanya terjatuh disebabkan motor Morbidelli menyenggol roda belakang Vinales, saat keduanya memacu motor masing-masing menuju finish, pada balapan yang berlangsung di Termas de Rio Hondo, Argentina Minggu 31 Maret 2019.

Senggolan itu terjadi pada saat keduanya mengejar pebalap Ducati, Danilo Petrucci yang berada di posisi keenam. Keduanya tidak terlibat berseteru, kemudian bangkit dan menyelesaikan balapan, tanpa cedera.

BACA JUGA: Rossi Naik Podium, Tandai 23 Tahun Karir MotoGP

“Saya baik-baik saja. Itu adalah balapan yang bagus bagi kami,” kata Morbidelli, dikutip dari MotoGP.com, Senin 1 April 2019. Rookie (pendatang baru) itu tengah berupaya memburu podium pertamanya di Argentina dengan memacu mesin YZR-M1.

Morbidelli mengaku tidak berambisi melakukan overtake (menyalip) Vinales. Dia berusaha memanfaatkan double slipstream pada saat berada di belakang pebalap Spanyol itu. Double slipstream adalah teknik memanfaatkan ruang dan kecepatan udara akibat obyek yang bergerak di depannya.

“Saya tidak bisa berhenti dengan benar, dan mungkin Maverick (Vinales) ingin memotong garis untuk menyalip Petrucci, pada saat saya sedikit terlalu cepat, kami sudah berada di atas tanah,” ungkap Morbidelli. Dalam insiden tersebut, kedua pebalap mampu bangkit untuk menuntaskan balapan.

BACA JUGA: Marques Nyaman di Sirkuit Termas Rio Hondo

Perasaaan serupa juga disampaikan Vinales setelah menyaksikan tayangan ulang pasca balapan. Dia mengaku bisa memahami insiden dengan Rookie kelahiran Roma 4 Desember 1994 itu.

“Satu kesalahan, begitulah adanya,” kata Vinales. Kecelakaan itu, menurutnya, adalah hal yang wajar di arena balap sekelas MotoGP. Tidak tertutup kemungkinan kesalahan itu akan dilakukannya pada balapan lain.

Tidak bisa dipungkiri bahwa hasil yang dicapai Vinales sedikit mengecewakan. Start dari baris pertama atau di belakang Marc Marquez (Repsol Honda), namun gagal menyentuh garis finish akibat insiden tersebut.