Disperindag Probolinggo Sulit Kontrol Harga Cabai di Pasar

Zulkiflie
Zulkiflie

Selasa, 29 Januari 2019 - 19:49

JATIMNET.COM, Probolinggo – Jatuhnya harga cabai di sejumlah pasar di Kabupaten Probolinggo membuat sejumlah petani mulai resah. Sebab harga cabai saat ini berkisar antara Rp 7.000 hingga Rp 8.000 per kilogram.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Probolinggo, Mahbub Zunaedi mengatakan sejauh ini belum ada cara untuk menstabilkan harga cabai. Menurutnya hasil pertanian cabai bukan termasuk hasil pangan strategis.

“Sampai saat ini pemerintah belum bisa mengintervensi, guna mengatasi murahnya harga cabai di pasaran,” saat dikonfirmasi melalui telepon seluler, Selasa 29 Januari 2019.

BACA JUGA: Harga Cabai Rawit Di Probolinggo Anjlok

Sejauh ini belum ada Usaha Kecil Menengah (UKM) yang mampu menghasilkan dan mengolah cabai di wilayah Kabupaten Probolinggo. Mayoritas hasil panen cabai di Kabupaten Problinggo dijual mentah ke pasaran sehingga tidak memiliki nilai tambah.

“Kalau untuk menstabilkan harga, kita masih belum bisa melakukannya. Tapi kalau membantu menyalurkan cabai ke luar daerah, itu mungkin bisa kita koordinasikan,,” sambungnya.

Mahbub menambahkan kebutuhan cabai untuk konsumsi di Kabupaten Probolinggo masih sama setiap harinya. Lonjakan sendiri baru terjadi ketika memasuki hari-hari besar atau menjelang tahun baru.

“Kendalanya lagi pabrik-pabrik pengolah cabai masih terbatas, sementara untuk memasok cabai ke industri masih terkendala. Akhirnya kita kembalikan ke mekanisme pasar,” ungkapnya.

BACA JUGA: Ternyata Manfaat Cabai Untuk Kesehatan Banyak Lho

Disperindag memnyarankan kepada petani agar bisa mengatur waktu tanam. Sehingga pada saat panen tidak berbarengan agar harga masih bisa bersaing.

Mahbub juga memastikan murahnya harga cabai di pasaran bukan akibat masuknya pasokan dari luar daerah. Sebab produksi (hasil panen) cabai di Kabupaten Probolinggo relatif lebih banyak dan melimpah.

Diberitakan sebelumnya, petani cabai di Probolinggo mengeluh karena harga jualnya anjlok. Harga cabai rawit dipatok antara Rp 8-9.000 per kilogram, sedangkan cabai besar dijual Rp 7-8.000 per kilogram. Padahal harga normalnya berkisar Rp 14.000 per kilogram. 

Baca Juga

loading...