Cara Ampuh Bersihkan Kerak Gosong dan Jelaga di Panci

Nani Mashita

Jumat, 29 Maret 2019 - 14:19

JATIMNET.COM, Surabaya - Membersihkan kerak gosong pada panci dan wajan terkadang sangat menjengkelkan. Sudah digosok begitu kuat, tetap saja tak menghilangkan kerak gosongnya.

Menyebalkan bukan?

Ternyata orang-orang jaman dulu sudah punya trik ampuh agar gosong di pantat panci dan wajan bisa hilang. Begitu juga kerak di bagian dalam wajan dan panci bisa bersih seketika. Whuzzzz!

BACA JUGA: Tips Merawat Rambut Agar Sehat Alami

Nenek kita sudah mempraktekkan bagaimana membersihkan peralatan masak yang gosong akibat kerak atau api kompor. Untuk menghilangkan kerak dalam panci atau wajan, caranya dengan merebus air hingga bagian yang ditempeli kerak tersebut.

Biarkan air hingga mendidih. Saat sudah masuk titik didih, bersihkan kerak gosong dengan sendok kayu. Setelah seluruh kerak terlepas, segera buang kotorannya dan cuci dengan sabun cuci piring.

Untuk kerak yang terlalu lama dibiarkan, ternyata orang tua juga punya tips. Caranya rendam bagian yang berkerak gosong, lalu tuangkan secangkir cuka ke dalamnya hingga mendidih. Lalu biarkan mendidih.

Setelah mendidih, angkat campuran air dan cuka dari kompor. Lalu tambahkan dua sendok makan bubuk soda kue ke dalam panci. Penambahan bubuk soda akan memicu gelembung-gelembung udara di dasar panci. Biarkan 10 menit.

Setelah itu gunakan sabut pencuci piring untuk menggosok bagian yang berkerak hingga bersih.

BACA JUGA: Tips Liburan Tanpa Tinggalkan Sampah

Adapun cara membersihkan gosong di bagian luar panci, juga sederhana. Siapkan baskom berisi air panas. Tambahkan secangkir cuka dan secangkir bubuk soda kue dan aduk hingga tercampur rata.

Setelah itu, panci atau wajan yang bagian luarnya gosong direndam ke air tersebut. Biarkan semalaman agar jelaga membandel akhirnya melunak. Di pagi hari, panci atau wajan tersebut tinggal dicuci dengan spon biasa.

Bagaimana? Silahkan mencoba?

Baca Juga

loading...