Grand Slam

Wimbledon Naikkan Hadiah dan Tingkatkan Kapasitas Tribun Penonton

Wimbledon Foundation menaikkan hadiah sebesar 38 juta poundsterling
Rochman Arief

Reporter

Rochman Arief

Kamis, 2 Mei 2019 - 16:47

JATIMNET.COM, London – Pelaksanaan Wimbledon tahun ini akan banyak perubahan. All England Lawn Tennis Club (AELTC) menyatakan salah satunya adalah peningkatan hadiah yang diperebutkan tahun ini naik sekitar 11,8 persen.

Total hadiah yang diperebutkan pada Wimbledon tahun ini naik menjadi 38 juta poundsterling. Sementara untuk juara tunggal wanita dan pria masing-masing menerima 2,35 juta poundsterling yang sebelumnya 2,25 juta poundsterling.

Dikutip dari WTAtennis.com, Rabu 1 April 2019 menyebutkan kenaikan hadiah tersebut terdiri atas 14 persen untuk tunggal putra-putri, ganda campuran naik 6,2 persen, sedangkan peningkatan hadiah pemain kursi roda 47 persen.

BACA JUGA: Murray Optimistis Bisa Tampil di Wimbledon Pasca Operasi

“Peningkatan itu mencerminkan kepercayaan kami di masa yang akan datang, serta bagian strategi untuk mempertahankan Wimbledon di puncak olahraga,” kata Ketua AELTC, Philip Brook.

Pelaksanaan Wimbledon tahun ini juga akan memperkenalkan tiebreak hingga 12-12 di set terakhir. Kabarnya perubahan itu akan diteruskan di semua turnamen pasca Wimbledon. Selain itu, undian kualifikasi tunggal wanita tahun ini sebanyak 128 dari 96. Angka itu sama dengan undian kualifikasi untuk tunggal putra.

Pihak penyelenggara telah melakukan perbaikan lapangan 1 yang digunakan untuk final awarding. Salah satunya perbaikan atap baru yang dapat ditarik. Lapangan ini memiliki kapasitas tempat duduk mencapai 12.345 penonton.

BACA JUGA: Kvitova Rebut Gelar Kedua Usai Menang di Stuttgart

Wimbledon Foundation berencana melakukan uji coba pada 19 Mei 2019 dengan menghadirkan sejumlah legenda tenis di antaranya Martina Navratilova, John McEnroe, Lleyton Hewitt, dan Goran Ivanisevic.

Mereka akan melakukan pertandingan eksibisi dan hasilnya akan disumbangkan ke dana baru Wimbledon Foundation untuk para tunawisma, A Roof For All.

Perubahan lain yang diumumkan AELTC adalah penghapusan kantong plastik dan penyediaan botol air daur ulang. Pihak penyelenggara menyatakan telah mengurangi 4.500 botol daur ulang.

Baca Juga

loading...