Warga Kramat Gantung Surabaya Edarkan Pil Ekstasi, Begini Dakwaannya

M. Khaesar Januar Utomo

Selasa, 23 April 2019 - 09:18

JATIMNET.COM, Surabaya - Kasus terdakwa pengedar pil ekstasi, Donny Sugiarto (28) mulai disidangkan di Pengadilan Negeri Surabaya, Senin 22 April 2019. Dalam dakwaannya, terdakwa yang kedapatan menjual 3 butir pil ekstasi bentuk bunga tulip dan pil Happy Five sebanyak 20 butir itu terancam 15 tahun penjara.

Jaksa Penuntut Umum (JPU) Ali Prakoso menjerat terdakwa dengan pasal 114 UU RI Nomor 35 Tahu  2009 tentang narkoba. "Ancaman hukuman hingga 15 tahun penjara," ucap JPU, Ali Prakoso, Senin, 22 April 2019 di ruang sidang Garuda 1.

Terdakwa tampak selalu tertunduk lesu selama menjalani persidangan. Sidang tidak hanya mengagendakan pembacaan surat dakwaan, namun jaksa juga menghadirkan saksi Dewinta yang juga merupakan pacar Donny.

BACA JUGA: Polda Jatim Tangkap Pengedar Tiga Kilogram Sabu-Sabu

Di depan persidangan, saksi mengaku turut menyaksikan penggerebekan tersebut dan tak tahu bahwa kekasihnya ini ternyata pengedar narkoba. “Waktu itu saya bersama saudara saya menunggunya di rumah, tiba-tiba datang kepolisian menggeledah rumah itu,” terang Dewinta.

Saat penggeledahan ditemukan barang bukti berupa tiga butir pil berbentuk bunga tulip warna biru dan 20 butir pil happy five serta satu buah plastik klip yang berisi serbuk ketamin.

BACA JUGA: Tiga Kurir Sabu-Sabu Surabaya di Vonis Penjara Seumur Hidup 

Barang bukti itu ditemukan dalam sebuah wadah dari kaleng di lemari pakaian. Terdakwa mengakui barang tersebut miliknya dan dia yang menyimpannya.

Di hadapan majelis hakim yang diketuai Dwi Purwadi, Donny mengaku membeli ekstasi itu melalui aplikasi Wicker dengan akun bernama Kakaktua. "Saya belajar sendiri dari aplikasi," katanya.

Terdakwa kemudian menjualnya kepada teman-temannya antara lain Husni Andi, Moris, Acay, Baby, dan Davin yang saat ini masih belum tertangkap. Terdakwa menjual pil happy five perbutirnya sebesar Rp 200 ribu dan jenis lainnya seharga Rp 400 ribu.

 

Baca Juga

loading...