JATIMNET.COM, Melbourne – Perjudian Aston Martin Red Bull Racing merangkul Honda sebagai mesin penyokong di musim balap Formula 1 musim ini berbuah manis. Sebab pabrikan asal Jepang itu mampu mengantar pebalap Red Bull Max Verstappen finish ketiga pada balapan pembuka musim ini.

Sebelumnya Honda menuai hasil buruk saat bekerja sama dengan McLaren dan Toro Rosso sejak kembali ke F1 tahun 2015. Bahkan kedua tim memilih tidak melanjutkan kerja samanya setelah performa mesin yang disuplai tidak kunjung membaik.

Namun di awal musim ini segalanya berubah. Honda menjawab tantangan tersebut dengan menempatkan Verstappen finish ketiga. Pebalap asal Belanda itu bahkan memuji kerja keras insinyur Honda sepanjang musim dingin.

Hasilnya dia merebut podium ketiga di belakang duo Mercedes, Valteri Bottas dan Lewis Hamilton di Sirkuit Albert Park, Melbourne, Australia, Minggu 17 Maret 2019.

BACA JUGA: Bottas Raih Kemenangan Perdana di Seri Pembuka

Lebih mengejutkan lagi Verstappen mengalahkan pebalap Ferrari, Sebastian Vettel pada lap ke-31, sebelum memasuki tikungan ketiga. Verstappen finish di posisi ketiga terpaut 1,6 detik dari Hamilton di posisi kedua.

“Sangat puas, apalagi harus berduel dengan Ferrari. Tidak mudah bisa bertarung dengan Ferrari,” kata Verstappen, seperti dikutip laman resmi Formula 1 berkaitan dengan performa Honda di awal musim.

Setelah melewati Vettel, putra legenda pebalap F1, Jos Verstappen itu menantang Lewis Hamilton untuk memperebutkan posisi kedua. Upaya itu dia laklukan berkat strategi pit stop di paru kedua yang membuat kondisi roda mobilnya mampu beradu cepat.

Sejauh ini Verstappen mengaku masih banyak pekerjaan yang harus diselesaikan. Berkaca dari hasil hari ini sudah cukup untuk berkata puas.

BACA JUGA: Button Percaya Verstappen Bisa Rebut F1 Tahun Ini

“Saya pikir masih ada pekerjaan yang harus dituntaskan. Tetapi untuk memulai musim, finish di posisi ketiga dan juga podium pertama untuk Honda di era V6, merupakan awal yang baik,” ujar Verstappen lagi.

Adapun Bos Red Bull Racing, Christian Horner berperan penting dalam membawa Honda sebagai pengganti Renault musim ini. Dia cukup senang dengan keputusannya yang sanggup mengantar Verstappen merebut posisi ketiga. Hasil itu mengulang posisi serupa yang dilakukan Rubens Barrichello di Sirkuit Silverstone, Inggris pada 2008.

“Kami sudah over-perform. (Honda) telah memberi kami produk hebat selama musim dingin. Mesin memberikan tenaga yang baik, dan bisa diandalkan,” ungkapnya.