JATIMNET.COM, Melbourne – Pebalap Mercedes Valteri Bottas berhasil menjuarai seri pembuka Formula 1 (F1) di sirkuit Albert Park, Melbourne, Australia. Dia mencatat waktu tercepat, 1 jam, 25 menit, dan 27,325 detik, Minggu 17 Maret 2019.

Kemenangan ini sekaligus membungkam kritik yang selama ini kerap dialamatkan kepadanya. Sebab Bottas hanya menjadi bayang-bayang bagi pebalap utama Mercedes, Lewis Hamilton.

Hamilton sendiri finish di posisi kedua terpaut 20,886 detik, disusul pebalap Red Bull Racing, Max Verstappen terpaut 22,520 detik dari Bottas. Adapun duo Ferrari, Sebastian Vettel dan Charles Leclerc melengkapi lima besar masing-masing finish di posisi keempat dan kelima.

BACA JUGA: Alonso Prediksi Dominasi Mercedes segera Berakhir

Bottas tampil brilian sepanjang balapan musim pertama tahun 2019. Menghabiskan 58 lap, pebalap Finlandia itu nyaris tampil tanpa gangguan dari lawan-lawannya. Selain mengoleksi 26 poin, Bottas juga menambah poin setelah mencetak fastest lap (lap tercepat).

Kemenangan di Melbourne ini merupakan yang pertama diukir Bottas sejak memenangi balapan di Abu Dhabi tahun 2017 lalu. Selebihnya, dia tampil kurang meyakinkan sepanjang musim 2018.

Bahkan dia harus rela menjadi bawah bayang-bayang rekan satu timnya. Bottas kerap diminta ‘wajib’ mengalah setelah Mercedes menerapkan team order untuk memuluskan tangga juara Hamilton tahun 2018 lalu.

BACA JUGA: Ferarri Biarkan Vettel dan Leclerc Bertarung 

Prestasi gemilang lainnya dalam balapan pembuka ini diukir Honda. Sejak memutuskan bekerja sama dengan Red Bull Racing tahun ini, Honda meraih podium pertamanya sejak Grand Prix Inggris tahun 2008 silam. Padahal musim lalu Honda babak belur.

Verstappen yang berada di balik kemudi mempu melewati Vettel, yang secara mengejutkan kecepatan mobilnya menurun drastis. Pebalap Belanda itu mampu memilih ban yang lebih mumpuni untuk bertarung di paru kedua.

Menurunnya kecepatan Vettel bisa dilihat di pengujung balapan. Juara dunia dua kali itu sebetulnya sanggup meninggalkan rekannya, Leclerc 12 detik. Namun keduanya hanya terpaut satu detik saat menyentuh garis finish. Lebih menyedihkan lagi selisih waktu antara Bottas dengan dua pebalap Ferrari hampir satu menit atau 57 detik.