Uskup Rusia Dihukum Lantaran Istrinya Ikut Kontes Kecantikan

Dyah Ayu Pitaloka

Selasa, 16 April 2019 - 18:07

JATIMNET.COM, Surabaya – Seorang uskup Ortodox di wilayah Ural Rusia, Sergei Zotov, telah diasingkan, sebagai hukuman akibat istrinya mengikuti kontes kecantikan di masa minggu suci, Lent.

Oksana Zotova, pemilik salon kecantikan di Kota Magnitogorsk, memboyong penghargaan Miss Sensualitas dalam kontes kecantikan lokal.

Peristiwa itu memantik gelombang kritik, setelah akun agregator berita Rusia, Pikabu, mengungkap jika dia adalah istri seorang uskup.

Seorang petugas berwenang di keuskupan setempat, kemudian meminta Sergei Zotov untuk segera diberhentikan dari pos nya, di Keuskupan Magnitogorsk, dilansir dari Bbc, Senin 15 April 2019.

BACA JUGA: Suaka Assange Dicabut, Peretasan di Situs Pemerintah Ekuador Melonjak

Sebagai gantinya, dia ditugaskan memberikan pelayanan di Desa Fershampenuaz , sekitar 65 kilometer dari Magnitogorsk, dengan populasi sekitar 4 ribu jiwa.

Nama desa itu diberikan, untuk menghormati Cossaks, pahlawan yang berperang melawan Napoleon dalam perang Fère-Champenoise, di tahun 1814.

Keuskupan Magnitogorsk terlihat tidak menyukai eksploitasi yang dilakukan istri Sergei.

Imam agung Feodor Saprykin, Pimpinan Sidang Keuskupan setempat menyatakan, “adalah dosa besar ketika istri uskup mengekspose dirinya sendiri untuk sebuah pertunjukan,”.

BACA JUGA: Facebook Bayar Rp 318 Miliar Setahun untuk Keamanan Zuckerberg

Ia menetapkan jika Sergei Zotov “tidak akan direhabilitasi selama istrinya belum bertobat,”.

“Seorang uskup seperti apakah dia, yang tidak bisa mengontrol keluarganya sendiri?” tanyanya. “Bagaimana dia bisa mengontrol kongregasinya?’.

Sementara, kisah itu telah viral di Rusia, muncul di banyak media massa, serta forum online.

Sejumlah pengguna merasa tidak tertarik dengan pendeta dan istrinya.

BACA JUGA: Komedian Volodymyr Zelensky Pimpin Perolehan Pilpres Ukraina

“Ini adalah apa yang harus kamu tahu tentang istri seorang uskup. Dan juga seorang uskup. Mereka berkhotbah tentang sesuatu, namun mempraktikkan hal yang berbeda,” komentar seorang pengguna.

Namun, banyak pula yang mencemooh keputusan gereja dan mendukung pasangan itu.

“Mengapa dia tidak boleh menikmati hidupnya sendiri? Apakah masih ada orang yang percaya jika uskup adalah orang yang suci dari dosa? Mereka adalah manusia biasa dengan pekerjaan yang bagus,” kata komentar yang paling banyak disukai, di dalam laman Pikabu.

“Apakah ada yang kulewatkan? Apa masalahnya?” tanya seorang yang lain. “Di bagian mana di dalam injil yang melarang seorang uskup tak boleh mempunyai istri cantik?,”.

Baca Juga

loading...