Tulis Penembakan di Kantor Sendiri, Koran Ini Terima Pulitzer

Dyah Ayu Pitaloka

Selasa, 16 April 2019 - 16:16

JATIMNET.COM, Surabaya – The Capital Gazette, koran lokal di Annapolis Amerika Serikat, mendapatkan penghargaan bergengsi Pulitzer kategori spesial, Senin 15 April 2019. Namun tak ada pesta perayaan, di kantor pusat koran tersebut, di Maryland.

Koran ini mendapatkan penghargaan atas liputan dan keberanian mereka, dalam menghadapi serangan bersenjata yang mematikan, dalam sejarah jurnalistik di Amerika Serikat, dikutip dari Bbc, Selasa 16 April 2019.

Lima staf koran tersebut, John McNamara, Wendi Winters, Rebecca Smith, Gerald Fischman dan Rob Hiaasen, meninggal akibat serangan bersenjata seorang laki-laki, yang masuk ke kantor mereka, pada Juni 2018.

Namun, seluruh staf mampu menerbitkan koran tepat waktu, keesokan harinya.

BACA JUGA: Rwanda Beri Penghormatan Pada Korban Genosida 

Pelaku penembakan, yang memiliki dendam lama terhadap koran itu, telah didakwa dan mengaku tak bersalah, tahun lalu.

Dewan Pulitzer memberikan beasiswa sebesar USD 100 ribu, untuk masa depan jurnalistik di koran tersebut.

Pulitzer atas laporan tentang penembakan, juga didapat dua koran lokal lain.

The Pittsburg Post-Gazette, menerima penghargaan breaking news atas liputan yang “berperikemanusiaan dan terbaru” atas peristiwa penembakan Sinagog di Pennsylvania, pada Oktober tahun lalu, dengan 11 korban meninggal.

BACA JUGA: Rapper Nominasi Grammy Award, Nipsey Hussle Tewas Ditembak 

Sedangkan, The South Florida Sun Sentinel, memenangkan Pulitzer untuk laporan tentang penemabkan massal di SMA Marjory Stoneman Douglas High School, pada Februari, yang menewaskan 17 korban.

Koran tersebut mendapatkan penghargaan layanan publik, untuk laporan yang “mengekpose kegagalan sekolah dan penegakan hukum dari aparatnya, sebelum dan sesudah penembakan”.

Selain tiga koran lokal, Pulitzer juga diterima oleh The New York Times, The Wall Street Journal, The Washington Post, dan kantor berita Reuters.

The New York Times memenangkan penghargaan untuk liputan mendetail, tentang keuangan Donald Trump, serta kecurangan pajak, dan penghargaan untuk editorial mereka.

BACA JUGA: Di Thailand Personel Blackpink Beberkan Ponsel Favorit Mereka

The Wall Street Journal memenangkan penghargaan, atas laporan investigasi mengungkap hadiah rahasia Donald Trump kepada dua orang, yang diduga sebagai simpanannya, selama masa kampanye.

The Washington Post, meraih dua Pulitzer untuk karya foto jurnalistiknya di Yaman, dan untuk kritik, ulasan buku, dan esai.

Kantor berita Reuters juga mendapatkan penghargaan atas investigasi pembunuhan 10 laki-laki Rohingya, di sebuah desa di Rakhine State, Myanmar.

Baca Juga

loading...