Suap diberikan agar anggota keluarga bisa masuk kampus elit di Amerika Serikat.

Skandal Suap Ratusan Miliar Libatkan Pengusaha dan Artis

Nani Mashita

Selasa, 9 April 2019 - 12:07

JATIMNET.COM, Surabaya - Aktris Hollywood, Felicity Huffman dan 13 orang lain mengaku bersalah, dalam skandal pendidikan yang mengguncang Amerika Serikat.

Aktris dan sejumlah orang kaya lain menyuap hingga ratusan dollar Amerika, untuk memasukkan anak-anak mereka ke kampus elit.

Huffman, yang membintangi “Desperate Housewives” mengaku malu dengan dampak kecurangannya kepada putrinya, keluarga besar, teman dan koleganya serta komunitas pendidikan. 

"Putriku sama sekali tidak tahu tentang tindakanku, dan dengan caraku yang salah dan sangat salah, aku telah mengkhianatinya," kata Huffman, mantan calon aktris terbaik Oscar itu.

BACA JUGA: Aktris Hollywood Terlibat Skandal Pendidikan di Amerika

Ke-14 orang tua ini menjadi bagian dari 50 orang, yang didakwa telah melakuan penyuapan, dikutip dari Reuters, Selasa 9 April 2019.

Jaksa federal di Boston menuduh, skema penyuapan masuk kampus elit telah menghabiskan uang sogokan USD 25 juta atau lebih dari Rp 350 miliar.

Kampus yang terlibat antara lain Yale, Georgetown, dan University of Southern California.

Skandal ini diotaki oleh Wiiliam "Rick" Singer, seorang konsultan penerimaan perguruan tinggi elit.

BACA JUGA: Tersangkut Skandal Pendidikan, Begini Tanggapan Dua Aktris Hollywood

Tapi ternyata, Rick menggunakan cara curang seperti menyuap pelatih kampus elit agar memasukkan calon mahasiswa sebagai pelajar berprestasi di bidang olahraga. Duit suap itu disalurkan lewat sebuah yayasan amal milik Singer.

Jaksa penuntut mengatakan, Huffman, 56, memberikan kontribusi USD 15.000 kepada yayasan Singer. Rick lalu mengoreksi hasil uji SAT putri Huffman di pusat ujian yang dikendalikan Singer, sehingga bisa diterima di salah satu kampus elit tersebut.

Lebih lanjut, dua belas orang tua lain juga telah mengaku bersalah.

Mereka antara lain, eksekutif pemasaran di California, Jane Buckingham, pemilik perusahaan anggur di California Agustin Huneeus.

BACA JUGA: OTT Kasus Suap Direktur PT Krakatau Steel

Mantan wakil ketua firma hukum Willkie Farr & Gallagher, Gordon Caplan, mengungkapkan bahwa mereka telah mencapai kesepakatan pembelaan.

Dua orang tua lain yang mengaku bersalah adalah, pasangan suami isteri Bruce Isackson dan Davina, presiden sebuah perusahaan pengembangan real estat di California.

Selain itu, Michael Center, mantan pelatih kepala tenis pria di University of Texas di Austin. Center mengaku bersalah atas tuduhan konspirasi terkait suap yang ia terima, untuk menunjuk seorang anak sebagai anggota dalam tim tenisnya.

Baca Juga

loading...