RSJ Ajari Pasiennya Mencoblos di Pileg dan Pilpres

David Priyasidharta

Kamis, 28 Februari 2019 - 13:52

JATIMNET.COM, Kendari - Sejumlah pasien di Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Kendari, Sulawesi Tenggara sedang menjalani perawatan khusus dalam proses penyembuhan. Mereka akan diberikan rekomendasi dalam rangka menyalurkan hak pilih pada Pemilu, 17 April 2019.

Ketua Komite Medik RSJ Sultra, dr Junuda mengungkapkan dari 180 penderita gangguan jiwa, 10 di antaranya masih dinyatakan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) akut atau berat, sedangkan sisanya kategori sedang, termasuk rawat jalan, yang diperkirakan pulih dalam waktu sebulan.

BACA JUGA: WNA Bisa Memiliki KTP, Tidak Bisa untuk Mencoblos

"Namun, penderita gangguan jiwa sedang itu, harus rutin mengonsumsi obat yang kami anjurkan, sehingga ingatannya diperkirakan pulih kembali dalam waktu singkat," ujarnya Kamis 28 Februari 2019.

Ia menambahkan saat ini, pihak RSJ Sultra sedang menunggu keputusan KPU mengenai tata cara penyaluran hak suara bagi penderita ODGJ saat hari "H" pemilu yang akan datang.

"Kami belum banyak berbuat apa-apa terhadap pasien ini, karena masih menunggu keputusan KPU," ujar Junuda yang juga Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Sulawesi Tenggara itu.

BACA JUGA: Tangkal Hoaks Pemilu, Kemenkominfo Libatkan KPU dan Bawaslu

Namun, pihaknya tetap akan melakukan perawatan intensif, agar mereka yang memiliki kelainan jiwa tidak terlalu berat, dapat segera pulih dan menyalurkan hak suaranya pada Pemilu, 17 April nanti.

Sebelumnya, KPU telah memberi peluang kepada penderita gangguan jiwa atau penyandang disabilitas untuk meyalurkan hak suaranya, seperti yang diatur dalam UU pemilu yang menyebutkan bahwa penderita gangguan jiwa memiliki hak suara karena termasuk dalam penyandang disabilitas. (Ant)

Baca Juga

loading...