PT KAI Perbarui Gerbong Mutiara Selatan

Baehaqi Almutoif

Sabtu, 30 Maret 2019 - 16:59

JATIMNET.COM, Surabaya - PT KAI memperbarui rangkaian gerbong pada Kereta Api Mutiara Selatan jurusan Malang-Surabaya-Bandung.

Gerbong baru rangkaian Kereta Api Mutiara Selatan ini terbuat dari stainless steel. Dengan perubahan bahan dasar yang sebelumnya mild steel diklaim memiliki daya tampung lebih banyak.

"Sebelumnya, satu rangkaian bisa mengangkut 406 tempat duduk. Yang baru nanti kapasitas tampungnya akan meningkat menjadi 470 tempat duduk," ujar Manager Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Suprapto melalui keterangan resminya, Sabtu 30 Maret 2019.

Ia berharap dengan pergantian rangkaian gerbong kereta jenis baru produksi INKA ini, dapat semakin meningkatkan okupansi Kereta Api Mutiara Selatan.

BACA JUGA: PT KAI Daop 8 Awasi Kondisi Rel Porong-Tanggulangin

Ditargetkan kenaikan diatas capaian tahun lalu. Tercatat di tahun 2016, volume penumpang Kereta Api Mutiara Selatan mencapai 241.670 penumpang, kemudian di tahun 2018 meningkat 18 persen menjadi 285.251 penumpang.

Rangkaian Kereta Mutiara Selatan yang baru ini nanti mulai aktif terhitung 1 April 2019. Komposisi rangkaian juga bakal berubah, terdiri dari tiga gerbong Kereta Eksekutif, empat gerbong Kereta Ekonomi, dan satu gerbong Kereta Makan plus Pembangkit listrik.

Sedangkan untuk fasilitas baru yang diberikan dalam gerbong kereta baru di KA mutiara selatan ini. Diantaranya, jumlah toilet setiap gerbong ada dua buah dengan menggunakan toilet duduk.

Kemudian sandaran kaki lebih fleksibel, dengan dilengkapi lampu tidur dan baca, serta meja mini. Untuk bagasi kabin, diberikan pembatas untuk tiap-tiap penumpang.

BACA JUGA: Kereta Kelas Mewah PT KAI Bertambah Enam di 2019

Gerbong baru, lanjut Suprapto, dilengkapi juga empat buah layar monitor di setiap kereta. Dua unit monitor berukuran 32 inci terpasang di ujung depan dan belakang, serta dua layar berukuran 19 inci menggantung di langit-langit kereta.

Untuk memaksimalkan suara hiburan pada layar tersebut, penumpang tinggal memasukkan headset ke lubang audio jack yang ada di setiap tempat duduk. Terakhir, kereta ini dilengkapi mushola di dalam kereta restorasi.

Bagi para perokok, jangan sekali-kali merokok di rangkaian Kereta Api Mutiara Selatan. Karena PT KAI melengkapi rangkaian gerbong baru dengan smoke-detector Nah. Jadi apabila ada seseorang yang merokok di sana, otomatis alarm akan berbunyi.

"Pergantian gerbong kereta dengan sarana yang baru, merupakan salah satu bagian dari program peningkatan pelayanan yang dilakukan oleh PT KAI Daop 8 Surabaya di dalam menyambut masa angkutan Lebaran 2019," tandasnya.

Baca Juga

loading...