PSU di Ponorogo Berhadiah Lovebird  

Gayuh Satria Wicaksono

Kamis, 25 April 2019 - 17:19

JATIMNET.COM, Ponorogo - Petugas PPS di TPS 06 Desa Bancangan Kecamatan Sambit Kabupaten Ponorogo telah menunaikan Pemungutan Suara Ulang (PSU), Kamis 25 April 2019. Kegiatan coblosan ulang itu dilakukan atas rekomendasi dari Bawaslu.

Pantauan Jatimnet.com, ada petugas medis yang terlebih dulu memeriksa kesehatan sejumlah panitia pemungutan suara. Warga setempat juga turut memanfaatkan fasilitas pemeriksaan kesehatan gratis itu. Dengan sabar, petugas kesehatan kemudian memeriksa tekanan darah mereka secara bergantian baik panitia pemungutan suara, warga maupun petugas linmas yang mengamankan jalannya PSU ini.

“Kami membawa satu dokter dan dua petugas medis untuk mengecek kesehatan para petugas maupun warga. Alhamdulilah, semuanya sehat,” kata Petugas Medis Puskesmas Wringin Anom Eko Prasetyo, Kamis 25 April 2019.

BACA JUGA: Ada Kesalahan Administrasi, Tiga TPS di Malang Gelar PSU

Eko merasa ikut memiliki tanggung jawab untuk memastikan kondisi kesehatan para petugas KPPS. Hal ini menyusul maraknya KPPS yang jatuh sakit usai menggelar pemungutan suara.

Ia bersama dua petugas lainnya akan berjaga hingga berakhirnya penghitungan suara di TPS 06 tersebut.

Sementara itu Ketua Bawaslu Ponorogo Muh Saifulloh berharap angka partisipasi pemilih dalam PSU ini bisa menyamai saat pemungutan sura pada Rabu 17 April 2019 lalu atau paling tidak mendekati. “Pada 17 april kemarin warga yang ikut berpartisipasi mencapi 227 orang dari 292 DPT,” jelasnya.

Ia mengatakan pelaksanaan PSU berlangsung aman dan lancar. Untuk menggaet warga agar datang memilih, panitia memberikan souvenir. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan partisipasi warga.

Aparat keamanan dan linmas juga turut berjaga untuk mengamankan jalannya pemilu bersama bawaslu. Sementara itu anggota PPS Desa Bancangan Yuswanto membenarkan pihaknya memberikan souvenir dan doorpriz e saat PSU.

BACA JUGA: Dua TPS di Surabaya Gelar PSU 27 April Mendatang

Itu dilakukan untuk mengundang warga agar mau memilih kembali. Ia mengakui ada sejumlah warga yang tidak datang karena sebagian pelajar dan pekerja yang sudah kembali ke luar kota.

“Hadiah utamanya berupa burung lovebird, selain itu ada panci, tikar, sapu, yang akan diundi setelah penghitungan,” terangnya.

Pantauan Jatimnet.com, hingga pukul 13.00 WIB warga yang datang mencoblos sebanyak 208 warga. Hasil penghitungan suara dalam PSU di TPS 06 dimenangkan oleh pasangan Jokowi-Ma’ruf dengan perolehan 163 suara dan Prabowo-Sandi 41 suara. Sebanyak 4 suara dinyatakan tidak sah.

Baca Juga

loading...