Pohon Tropis Tertinggi di Dunia Ini Bernama Menara

Dyah Ayu Pitaloka

Sabtu, 6 April 2019 - 12:32

JATIMNET.COM, Surabaya – Peneliti dari Britania Raya dan Malaysia, mengatakan telah menemukan pohon tropis tertinggi di dunia, dengan ketinggian mencapai lebih dari 100 meter.

Pohon Meranti Kuning jangkung itu ditemukan di hutan hujan tropis Borneo, oleh tim dari University of Nottingham, tahun lalu.

Peneliti dari University of Oxford, kemudian membawa scanner 3D dan drone untuk mengkonfirmasi temuan itu.

Pohon itu, ditemukan di Area Konservasi Lembah Danum di Sabah, dan telah diberi nama dalam bahasa melayu, Menara, dilansir dari Bbc, Jumat 5 April 2019..

BACA JUGA: Fosil Paus Purba Berkaki Empat Ditemukan di Peru

Pemanjat lokal, Unding Jami, yang mengukur pohon dengan pita, mengatakan jika pendakiannya sangat menakutkan dan berangin.

“Tapi jujur, pemandangan dari atas sangat menakjubkan. Saya tidak tahu bagaimana mengungkapkannya, kecuali sangat, sangat, sangat menakjubkan,” katanya.

Dr. Doreen Boyd dari University of Nottingham mengatakan jika penemuan ini adalah kunci, karena “pengetahuan ini memberi tahu jika pohon seperti ini benar-benar ada, mereka mencapai ketinggian yang sebelumnya tidak kami antisipasi, dan akan ada pohon lain di luar sana yang belum ditemukan,”. “Ini memberi tahu kami jika kami harus melindungi pohon ini,” katanya.

Dr. Alexander Shenkin dari University of Oxford, mengatakan, setelah mendengar penemuan milik Nottingham, timnya segera melakukan trekking selama tiga jam menuju Menara.

BACA JUGA: Korsel Negara Pertama di Dunia yang Punya Jaringan 5G

“Saya kira saya telah melihat banyak sekali pohon, tetapi ketika saya berjalan menuju raksasa ini, kepalamu terus melihat ke atas untuk mencari puncaknya,”. “Saya tak pernah melihat pohon seperti ini,” katanya.

Baca Juga

loading...