JATIMNET.COM, Surabaya - Korea Selatan menjadi negara pertama yang memiliki layanan jaringan 5G secara komersial. Peluncuran ini bersamaan dengan pengumuman Samsung yang mulai menjual perangkat seri Galaxy S10 5G hari ini.

Peluncurannya dibidani oleh salah satu raksasa operator telekomunikasi Korea Selatan, SK Telecom dan dipenuhi dengan bintang K-Pop dan peraih medali emas Olimpiade, sebagai pelanggan 5G pertama mereka.

Dengan salah satu tingkat penetrasi smartphone teratas dunia, Korea Selatan berpacu dengan China, Amerika Serikat, dan Jepang untuk memasarkan 5G.

BACA JUGA: Samsung Galaxy S10 5G Mulai Dijual di Korsel 

Negara Gingseng ini berharap teknologi 5G akan memacu terobosan di bidang-bidang seperti smartcity, mobil otonom, dan mendorong pertumbuhan ekonominya yang melambat ke level terendah enam tahun pada 2018.

"Sangat berarti bahwa perusahaan telekomunikasi Korea Selatan menyediakan layanan dan jaringan yang memenuhi standar tinggi pelanggan Korea Selatan dalam kecepatan dan kualitas gambar," kata Ryu Young-sang, wakil presiden eksekutif di perusahaan telekomunikasi terkemuka Korea SK Telecom, dilansir dari reuters.com Rabu 3 April 2019.

Ryu mengatakan teknologi 5G akan mengubah lanskap industri game karena memungkinkan game streaming dengan penundaan minimal untuk dimainkan di smartphone.

BACA JUGA: Ponsel 5G Dipasarkan di Cina Tahun Ini

Teknologi ini juga menawarkan kecepatan data 20 kali lebih cepat daripada jaringan 4G LTE dan dukungan yang lebih baik untuk kecerdasan buatan dan realitas virtual dengan latensi rendah.

SK Telecom bekerja dengan afiliasi pembuatan chip memori SK Hynix untuk membangun pabrik yang sangat digital dan terhubung yang didukung oleh teknologi 5G.  

Operator mengharapkan sekitar 1 juta pelanggan 5G pada akhir 2019. Saat ini SK Telecom memiliki total 27 juta pengguna.